....diperlukan daya yang lebih besar dan mampu membantu lancarnya proses bisnis pelabuhan perikanan.
Ambon (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki melakukan penyalaan tambah daya di Pelabuhan Perikanan dengan daya 555.000 volt ampere (VA).

General Manager PLN UIW MMU Awat Tuhuloula menjelaskan penambahan daya merupakan salah satu dukungan PLN bagi sektor industri perikanan.

"Sebagian besar masyarakat Maluku terutama di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) mata pencaharian ada di laut dan pelabuhan menjadi muara untuk mereka mendistribusikan hasil tangkapan, sedangkan dari sisi energi, tentu saja harus dipenuhi. Ini langkah kami untuk turut mendukung sektor industri perikanan," katanya, Jumat.

Ia mengatakan, penggunaan listrik di perusahaan perikanan tersebut sebelumnya di daya 16.500 VA.

Dengan melihat beban pertumbuhan kebutuhan internal, diperlukan daya yang lebih besar dan mampu membantu lancarnya proses bisnis pelabuhan perikanan.

Awat berharap, dengan adanya penambahan daya di salah satu perusahaan yang bergerak di sektor industri perikanan ini turut memberikan dampak terhadap perputaran perekonomian di daerah tersebut.

"Semoga bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk keperluan industri di bidang ini, dan tentunya masyarakat juga turut merasakan dampaknya," katanya pula.

Manager PLN UP3 Saumlaki, Hengky Purbo Lesmono menyatakan, mesin pendukung industri perikanan semuanya membutuhkan daya besar untuk pengoperasian.

Dengan dukungan PLN, Pelabuhan Perikanan Saumlaki 100 persen mengoperasikan mesin untuk mendukung sektor perikanan, menggunakan listrik PLN sekaligus tambah daya ke 550.000 VA.

Melihat potensi yang ada, dibutuhkan sinergi antara PLN UP3 Saumlaki, pemerintah, pelaku usaha perikanan dan pemangku kepentingan guna peningkatan produktivitas sektor perikanan melalui pemanfaatan listrik PLN.

"Kami selalu siap berkolaborasi, tumbuh dan berkembang bersama industri di Saumlaki sebagai pemasok energi listrik pada sektor-sektor industri," katanya lagi.

Sesuai dengan transformasi PLN, pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan energi listrik yang andal dan cukup bagi seluruh pelanggan, sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai dan kepercayaan pelanggan terhadap PLN pun dapat meningkat.

Penyalaan ini dilakukan di PPI Saumlaki dan dihadiri oleh kedua belah pihak, baik PLN dan perusahaan.
Baca juga: PLN EPI menyiapkan gasifikasi pembangkit klaster Sulawesi-Maluku
Baca juga: Asian Development Bank verifikasi hasil program PLN di Maluku 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024