Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Utara meningkatkan kompetensi Panitia Pengawas Kecamatan di wilayah tersebut menjelang pelaksanaan Pilkada Gubernur DKI Jakarta pada 27 November 2024. 

"Hari ini kami melantik 18 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah ada serta mengadakan pembekalan sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pemilihan Serentak 2024," kata Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara, Johan Bahdi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan setelah dilantik, seluruh Panwascam diberikan pembekalan dalam melaksanakan fungsi pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang ada.

Menurut dia pembekalan ini merupakan langkah penting untuk memastikan pengawasan pemilihan berjalan efektif dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Kami berkomitmen untuk melaksanakan pengawasan yang profesional dan berintegritas tinggi dalam pemilihan serentak 2024," kata dia.

Baca juga: PDIP usulkan nama Ketua DPRD DKI maju dalam Pilgub DKI Jakarta
Baca juga: Bawaslu Jakut awasi verifikasi administrasi bakal calon perseorangan


Ia mengatakan, pembekalan mencakup berbagai aspek penting seperti tata cara pengawasan, penanganan pelanggaran dan pemahaman mendalam mengenai regulasi pemilihan.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran
Bawaslu Jakarta Utara Muhamad Sobirin 
mengatakan dengan adanya pelantikan dan pembekalan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapan Panwascam dalam mengawasi setiap tahapan pilkada serentak 2024.

"Pengawas dapat memastikan transparansi dan keadilan dalam proses pemilihan," kata dia.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024