Makassar (ANTARA) - Tim Basarnas Makassar berhasil mengevakuasi seorang pendaki perempuan bernama Elisa (23) yang mengalami cedera kaki saat pendakian ke Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Kami menerima info adanya pendaki yang mengalami kendala di Gunung Bawakaraeng dan langsung mengerahkan satu tim menuju ke lokasi untuk membantu evakuasi," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel di Makassar, Jumat.

Informasi yang diterima pada Kamis (23/5), korban bersama sembilan rekan melakukan pendakian ke puncak Gunung Bawakaraeng. Namun, saat berada di Pos 9, korban mengalami kecelakaan sehingga kaki kanan terkilir dan menyebabkan kesulitan berjalan.

Ia mengatakan berdasarkan informasi tersebut Basarnas bersama potensi SAR melakukan operasi dan saat tiba di kaki gunung berkoordinasi untuk segera menuju Pos 9 guna mengevakuasi korban.

"Semalam tim tiba di kaki Gunung Bawakaraeng dan langsung mengevakuasi korban lewat jalur Bulu Balea dari Pos 9," katanya.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi pendaki hipotermia di Gunung Buthak Kota Batu

Proses evakuasi berlangsung hingga menjelang pagi. Tim membawa korban hingga tiba di kaki Gunung Bawakaraeng dan untuk selanjutnya korban mendapatkan perawatan.

"Tim SAR gabungan berhasil evakuasi korban dengan selamat tiba di kaki Gunung Bawakaraeng sekitar pukul 05.00 pagi dan langsung diserahkan ke tim medis untuk mendapat perawatan," katanya.

Atas kejadian itu, Mexianus mengimbau mereka yang memiliki hobi beraktivitas di alam bebas, termasuk mendaki gunung, untuk tetap mengutamakan keselamatan sebelum merencanakan kegiatan.

Ia menjelaskan persiapan, termasuk terkait dengan peralatan keselamatan, harus dilakukan secara matang.

"Kami harap para pendaki betul-betul menyiapkan diri sebelum mendaki dan melakukan registrasi resmi di pos pendaftaran jalur pendakian. Jika mengalami kendala bisa menghubungi petugas untuk dibantu evakuasi," kata dia.

Baca juga: BPBD Purbalingga imbau pendaki patuhi larangan pendakian Gunung Slamet
Baca juga: Basarnas selamatkan enam pendaki di Gunung Lompobattang Sulsel
Baca juga: TNGGP buka kembali pendakian ke Gunung Gede-Pangrango


Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024