Animo masyarakat Garut cukup tinggi di momen libur panjang,
Garut (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebutkan penumpang kereta api (KA) komersial KA Cikuray dan Papandayan relasi Stasiun Garut tujuan Jakarta maupun sebaliknya dengan kapasitas 1.030 kursi terisi penuh selama musim libur panjang Waisak dan akhir pekan.

"Animo masyarakat Garut cukup tinggi di momen libur panjang," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung Ayep Hanapi saat dihubungi melalui telepon seluler di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat.

Ia menuturkan PT KAI menyiapkan dua layanan KA komersial jarak jauh dengan pemberangkatan dan tujuan ke Stasiun Garut yakni KA Cikuray kelas ekonomi relasi Stasiun Garut-Pasar Senen, Jakarta, dengan kapasitas penumpang sebanyak 560 tempat duduk.

Baca juga: 38.272 orang gunakan KA dari stasiun Daop 8 saat libur Waisak

KA Papandayan kelas bisnis dan eksekutif relasi Stasiun Garut-Gambir, Jakarta, dengan kapasitas penumpang sebanyak 470 tempat duduk yang semuanya sudah terisi penuh saat momentum libur panjang Waisak dan akhir pekan.

Selanjutnya, penumpang KA dari Garut tujuan Bandung-Jakarta selama libur panjang pada 22 sampai 26 Mei 2024 tercatat sebanyak 6.317 penumpang dengan rata-rata penumpang setiap hari di atas 1.100 orang.

"Untuk KA Papandayan Garut-Gambir tanggal 24, 25 dan 26 Mei habis, dari Garut saja, untuk KA Cikuray 25, 26, 27 Mei habis," katanya.

Ayep menyebutkan jumlah penumpang KA komersial tujuan Garut dari Jakarta dan Bandung selama libur panjang pada 22 sampai 26 Mei 2024 sebanyak 5.458 penumpang.

Ia menyebutkan KA Cikuray dari Stasiun Pasar Senen-Garut di tanggal pemberangkatan 24, 25, dan 26 Mei semuanya sudah penuh, sedangkan KA Papandayan pada pemberangkatan akhir pekan masih bisa dilakukan pemesanan tiket.

"KA Cikuray Pasar Senen-Garut tanggal 24, 25 dan 26 Mei habis, KA Papandayan Gambir-Garut masih tersedia, kami imbau masyarakat yang akan menggunakan kereta api untuk selalu 'update' ketersediaan tempat duduk melalui Acsses By KAI," katanya.

Baca juga: Volume penumpang di Stasiun Malang saat libur Waisak naik 37 persen

Ia menambahkan animo masyarakat untuk memilih  jasa transportasi kereta api itu tidak hanya terjadi di KA relasi Stasiun Garut - Jakarta, tapi juga relasi lain di jalur selatan terjadi peningkatan jumlah penumpang saat momentum libur panjang Waisak dan akhir pekan.

Secara total, PT KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan sebanyak 184 KA jarak jauh atau rata-rata 48 KA jarak jauh per hari pada periode libur Hari Raya Waisak dan cuti bersama akhir pekan.

"Peningkatan jumlah perjalanan KA ini juga merupakan bagian dari komitmen PT KAI Daop 2 Bandung untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa 'high season' seperti 'long weekend' ini," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024