Pekanbaru (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi mengatakan hingga kini tercatat sebanyak 4.942  calon haji  Riau berasal dari 11 Kloter yang sudah berangkat ke Tanah Suci Madinah.

"Sebanyak 4.942 CH Riau itu masing-masing berasal dari 9 kloter berangkat gelombang pertama dan dua kloter berangkat pada gelombang kedua,
melalui Embarkasi Haji Batam," kata Muliardi dalam rilisnya disampaikan Ana Humas Kemenag Riau, Sabtu.

Muliardi mengatakan, bagian dari 4.942  calon haji  Riau itu termasuk pada Sabtu (25/5) yang berangkat ke Madinah Kloter BTH-13 asal Kabupaten Bengkalis sebanyak 416 orang  dan Rokan Hulu sebanyak 26 orang, didampingi 3 petugas haji daerah dan 5 orang petugas kloter.

Ia berharap selama menjalankan ibadah, JCH Riau berada dalam keadaan sehat dan senantiasa diridhoi Allah SWT.

Baca juga: Sebanyak 90.132 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi

Sementara itu berdasarkan data, 5 CH Riau yang dirawat di RS Awal Bros Botania Batam dan Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RS BP Batam) serta terdapat satu orang  yang dipulangkan ke daerah asal karena sakit. orang  yang dipulangkan tersebut atas nama Suwodo Kusnan Suro Truno (82) asal Kabupaten Pelalawan.

"Berdasarkan surat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Bidang Kesehatan Embarkasi Haji Batam 1445 H/2024 M terdapat satu orang dari Provinsi Riau yang dinyatakan tidak memenuhi syarat laik terbang sehingga yang bersangkutan dibatalkan keberangkatannya," katanya.

Sedangkan jamaah yang sakit dan tertunda keberangkatannya akan ditumpangkan pada Kloter berikutnya yang tersedia tempat duduk.
Jamaah yang dirawat di RS Batam adalah; Nurhudar Nurdin Husin (65) asal Kabupaten Bengkalis tergabung dalam Kloter BTH-13, Zaibun Binti Hamid (59) pendamping Nurhudar asal Kabupaten Bengkalis tergabung dalam BTH-13, Suroso Bin Taman Ngadi (81) asal Kabupaten Pelalawan tergabung dalam BTH-12, Jarni Karim (65) asal Kabuapten Pelalawan tergabung dalam BTH-12.

Selain itu Nuriah Sitan (64) Pendamping Jarni Karim asal Kabupaten Pelalawan tergabung dalam BTH-12, Solihin Atang Sanusi (43) asal Kabupaten Rokan Hulu tergabung dalam BTH-08, Nurbaiti Saimun Manik (43) Pendamping Solihin asal Kabupaten Rokan Hulu tergabung dalam Kloter BTH-08, Kinaris Awaludin Tengku (80) asal Indragiri Hilir tergabung dalam BTH-07.

Kemenag Riau mencatat bahwa 5.318 calon haji Riau berangkat dalam dua gelombang yakni pertama dari tanah air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024.

Sebanyak 5.318 calon haji Provinsi Riau tergabung dengan Embarkasi Haji Batam (BTH). Jamaah Riau tidak lagi menggunakan Embarkasi Haji Antara Riau.

Baca juga: Kemenag berangkatkan 8.974 calon haji Indonesia ke Jeddah pada Sabtu

Pewarta: Frislidia
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024