Kita harapkan setelah perbaikan ini, meningkatkan juga perekonomian, karena selama ini kemacetan terjadi, juga membahayakan pengendara
Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan bahwa perbaikan jalan Tegalgubug-Arjawinangun-Jagapura di Kabupaten Cirebon yang tengah dikerjakan bakal memajukan perekonomian daerah itu.

Menurut Bey, jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang cukup strategis, yang dikenal dengan nama jalur Pantura.

"Kita harapkan setelah perbaikan ini, meningkatkan juga perekonomian, karena selama ini kemacetan terjadi, juga membahayakan pengendara, nanti saat jalan sudah baik (diperbaiki), akses (jalan) juga akan lebih lancar lagi," kata Bey dalam keterangan di Bandung, Sabtu.

Bey mengatakan bahwa jalan yang progres rekonstruksi-nya telah dicek bersama Kepala Dinas Bina Marga Jabar Bambang Tirtoyuliono dan Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya, Sabtu, akan diperbaiki sepanjang 5,5 kilometer melintasi Tegalgubug, Arjawinangun dan Jagapura, dengan nilai belasan miliar rupiah.

"Jadi yang diperbaiki sepanjang 5,5 kilometer, dan nilai biayanya sekitar Rp12 miliar," ujar Bey.

Baca juga: Bey: Simpang Gedebage Selatan akan tarik wisatawan

Bey menjelaskan bahwa pada tahun 2024, Pemprov Jabar telah menargetkan rekontruksi jalan sepanjang 240 kilometer dengan penyebaran di 49 ruas jalan kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

"Ada 240 kilometer total target rekontruksi (perbaikan) jalan di Jawa Barat tahun 2024 ini," kata Bey.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan terdapat empat perbaikan jalan di Kabupaten Cirebon satu di antaranya yakni Jalan Arjawinangun.

"Total akumulatif penanganan tahun 2024 lebih kurang 16 kilometer untuk Kabupaten Cirebon," kata Bambang.

Bambang menjelaskan kemantapan jalan di Kabupaten Cirebon di tahun 2023 sudah mencapai 84 persen, tentunya dengan penambahan 16 kilometer itu pada 2024, tentunya akan berdampak baik untuk masyarakat.

"Tentunya dampak untuk masyarakat adalah lalu lintas akan lebih lancar, mudah-mudahan ekonomi juga lebih meningkat," tuturnya.

Adapun, Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya mengatakan APBD Kabupaten Cirebon juga mengalokasikan sepanjang 71,1 kilometer perbaikan jalan dengan pemeliharaan berkala sepanjang 42 kilometer.

"Jadi alhamdulillah kita coba peningkatan, walaupun masih ada beberapa ruas jalan yang memang masih belum teranggarkan pada tahun 2024," kata Wahyu.

Baca juga: Bey: Jabar intens dorong reaktivasi jalur KA Pangandaran dan Ciwidey

Baca juga: Jabar merupakan provinsi dengan produk halal terbanyak

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024