Jakarta (ANTARA) - ​​​​​​Berikut rangkuman berita humaniora populer sepekan di Indonesia, mulai dari kebakaran kilang Crude Destillation Unit (CDU) VI Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur hingga, BRIN kembangkan teknologi pendeteksi ladang ganja berbasis satelit.

1) Pertamina pantau warga sekitar kilang tak terdampak kebakaran

PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan untuk memastikan warga sekitar kilang tidak terdampak insiden kebakaran yang melahap Crude Distillation Unit (CDU) VI Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan yang berada di Jalan Yos Sudarso Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat ini operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi dan wilayah sekitar, sedangkan unit lain tetap beroperasi normal.

Simak selengkapnya di sini:




2) Indonesia serahkan estafet tuan rumah World Water Forum ke Arab Saudi

Indonesia yang diwakili oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyerahkan estafet tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum kepada Arab Saudi.

Basuki mengingatkan bahwa berbagai komitmen dalam forum ini harus diikuti dengan aksi nyata yang terkait dengan hal tersebut, kompendium yang memuat 113 proyek senilai 9,4 miliar dolar AS atau Rp150,4 triliun (asumsi kurs Rp16.000), yang diluncurkan bersama Deklarasi Menteri pada Selasa (21/5) harus direalisasikan untuk memberi manfaat ke masyarakat.

Simak selengkapnya di sini:


3) Siswa Sidoarjo ciptakan energi listrik dari sisa makanan

Siswa SMA Progresif Bumi Shalawat (SMASIF) Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menciptakan energi listrik dengan menggunakan bahan dari sisa makanan yang difermentasi.

Salah satu siswa Firdhea Rahma Cahyani kelas XI ICP 1 SMASIF mengatakan ide pembuatan energi listrik dengan menggunakan sisa makanan tersebut dari banyaknya siswa makanan yang dibuang di tempat sampah.


Simak selengkapnya di sini:



4) Sebanyak 90.132 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi

Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 90.132 orang calon haji Indonesia telah berada di Arab Saudi pada hari keempat belas operasional haji Indonesia, Sabtu.

Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 21:00 Waktu Arab Saudi atau Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 01:00 WIB, jamaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 90.132 orang.

Simak selengkapnya di sini:



5) BRIN kembangkan teknologi pendeteksi ladang ganja berbasis satelit

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan teknologi penginderaan jauh berbasis satelit yang dapat mendeteksi dan memantau keberadaan ladang ganja secara otomatis atau semi-otomatis.

Kepala Pusat Riset Geoinformatika BRIN Rokhis Khomarudin mengatakan bahwa satelit dapat mendeteksi keberadaan ladang ganja secara cepat dan akurat, serta bisa memantau area yang luas tanpa harus melakukan survei manual yang memakan waktu dan biaya besar.

Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024