Ini bagian untuk menjalin silaturahim untuk sesama alumni dari seluruh angkatan
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ribuan peserta mengikuti kegiatan Jalan Gembira Nasional ke-2 Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) yang digelar di kawasan Stadion Gajayana, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu.

Ketua Umum Pimpinan Pusat KAUJE Muhammad Sarmuji di Kota Malang mengatakan bahwa kurang lebih sebanyak 4.800 orang yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan Jalan Gembira Nasional tersebut, setelah pada 2022 digelar di Jakarta.

"Alumni yang terdaftar, ada sebanyak 4.800 peserta yang mengisi pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ini," katanya.

Sarmuji menjelaskan para alumni Universitas Jember tersebut datang ke Kota Malang dari berbagai wilayah di Indonesia seperti dari Sulawesi Selatan hingga Jakarta. Kegiatan serupa, akan digelar secara rutin di berbagai wilayah di Indonesia.

Menurutnya, untuk pelaksanaan Jalan Gembira Nasional ke-2 yang digelar di Kota Malang tersebut juga bertujuan sebagai ajang promosi Universitas Jember, mengingat Kota Malang merupakan kota pendidikan dengan jumlah perguruan tinggi yang sangat banyak.

"Kedua kita juga agak show off, alumni berkumpul di Kota Malang yang kita tahu semua bahwa Kota Malang adalah kota pelajar dan kota pendidikan. Banyak kampus di Kota Malang," katanya.

Baca juga: Unej pecahkan rekor gelar wisuda 10 kali dalam setahun
Baca juga: FT Unej raih medali emas Bridge Competition di Singapura


Sementara itu, Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Akhmad Munir menambahkan kegiatan Jalan Gembira Nasional ke-2 KAUJE tersebut diharapkan mampu memperkuat tali silaturahim bagi para alumni.

"Ini bagian untuk menjalin silaturahim untuk sesama alumni dari seluruh angkatan. Diharapkan dengan adanya silaturahim ini bisa mempererat dan memperkuat KAUJE di kancah komunitas alumni dari universitas-universitas yang ada di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat pada saat Welcome Dinner Jalan Gembira Nasional ke-2 KAUJE, di Balai Kota Malang, Sabtu malam mengatakan bahwa ajang tersebut diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi yang cukup besar bagi warga setempat.

Menurutnya, Jalan Gembira Nasional ke-2 KAUJE yang diikuti oleh lebih dari 4.000 peserta tersebut bisa memberikan dampak yang luas bagi masyarakat di wilayah Kota Malang, termasuk mendorong perputaran perekonomian warga.

"Kalau tidak salah, ada 4.000 alumni Universitas Negeri Jember yang datang ke Kota Malang. Ini akan memberikan nilai tambah untuk Kota Malang," kata Wahyu.

Kota Malang sendiri merupakan salah satu kota wisata di Jawa Timur, dimana pada 2023, jumlah kunjungan wisatawan tercatat sebanyak 3,05 juta orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 48.358 orang merupakan wisatawan mancanegara.

Pada 2024, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata menargetkan ada peningkatan jumlah wisatawan kurang lebih sepuluh persen, atau menjadi 3,305 juta orang.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024