Jakarta (ANTARA) - Petenis Naomi Osaka dan Carlos Alcaraz bersiap untuk menjalani laga pembukaan pada French Open, Minggu.

Osaka, juara turnamen major empat kali yang belum pernah melewati babak ketiga di Paris, akan menjadi yang pertama di Court Philippe Chatrier melawan petenis Italia Lucia Bronzetti.

Alcaraz, juara bertahan Wimbledon, kemudian akan memulai perjalanannya di French Open dengan melawan petenis Amerika J.J. Wolf, yang beruntung dari kualifikasi.

Andy Murray dan rekannya yang juga juara Grand Slam tiga kali Stan Wawrinka akan menutup sesi sesi malam.

Bintang tenis asal Jepang Osaka, mantan petenis nomor satu dunia, mengalami hubungan yang pahit dengan ibu kota Prancis.

Pada 2021, dia didenda karena memilih keluar dari komitmen wajib wawancara media sebelum mengundurkan diri dari turnamen untuk melindungi kesehatan mentalnya.


Baca juga: Swiatek dan Osaka berpotensi bentrok di babak kedua French Open

Setahun kemudian, ia terjegal di babak pertama sebelum rehat dari tenis pada September 2022 selama 16 bulan untuk memulai sebuah keluarga.

"Saya mendapatkan banyak pelajaran melalui peran sebagai ibu, dan saya harap saya dapat mengingat untuk menerapkannya di lapangan tenis," kata petenis berusia 26 tahun itu, seperti disiarkan AFP, Minggu.

Jika ia mampu melewati peringkat 48 Bronzetti, kemungkinan besar ia akan berhadapan dengan unggulan teratas dan juara bertahan Iga Swiatek.

Kini berada di peringkat 134 dunia setelah berada di luar peringkat 800 besar pada Januari, Osaka secara bertahap belajar untuk mengapresiasi tuntutan di lapangan tanah liat yang mana lebih sulit untuk memukul bola.

"Hanya lebih banyak mengamati pemain lain, melihat cara mereka bermain, melihat cara mereka bergerak. Menurut saya lapangan tanah liat itu seperti sebuah tarian," kata Osaka.

Sementara itu, petenis nomor tiga dunia Alcaraz, yang mencapai semifinal tahun lalu dikalahkan oleh Novak Djokovic, mengungkapkan bahwa prospek menghadapi petenis nomor satu dunia itu telah menyebabkan begitu banyak ketegangan sehingga tubuhnya kram selama pertandingan.

Wolf, yang berada di peringkat 107, hanya memenangi satu pertandingan tur pada 2024. Satu-satunya penampilan undian utama lainnya di French Open berakhir dengan tersingkir pada babak pertama tahun lalu.

Wawrinka, juara 2015 berusia 39 tahun, dan runner-up 2016 Murray, yang sedang memainkan musim terakhirnya dalam tur, bertemu untuk ke-23 kalinya, sebuah persaingan yang mencakup dua pertandingan semifinal di Paris.


Baca juga: Pegula mundur dari French Open karena belum pulih dari cedera

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024