Jakarta (ANTARA) - Google di awal Mei 2024 lewat forum Google I/O mengenalkan inovasi pembayaran baru di toko aplikasinya yaitu Playstore untuk pengguna yang berlangganan pada sebuah aplikasi bisa meminta rekannya membayarkan biaya langganan miliknya.

Normalnya saat pengguna Android berlangganan sebuah layanan dari aplikasi, maka nantinya pengguna akan diarahkan untuk membayar sendiri biaya langganan tersebut dengan berbagai jenis metode pembayaran baik lewat dompet digital, kartu kredit, debit online, atau bayar di toko.

Dalam laporan Phone Arena, Sabtu (25/5), hadirnya opsi tersebut memungkinkan pengguna meminta pada banyak pihak mulai dari anggota keluarga atau pun sahabat untuk membayar biaya langganan aplikasi atau transaksi pembelian apapun di dalam aplikasi.

Baca juga: Google investasikan Rp5,6 triliun pada Flipkart

Nantinya opsi tersebut akan mengarahkan pengguna untuk membuat tautan pembayaran yang dikirim melalui teks atau email kepada teman atau anggota keluarga yang diminta untuk membayar.

Berikut cara memanfaatkan fitur ini, ketika pengguna diarahkan melakukan check out atau pembayaran nantinya pengguna akan menemukan "Pilih Cara Pembayaran".

Di bagian bawah selain opsi membayar dengan berbagai metode, akan ada opsi baru yang bertuliskan "Minta orang lain untuk membayar".

Baca juga: Google kembangkan fitur Maps lebih seru dengan konten AR

Nantinya pengguna yang memilih opsi tersebut akan bisa mengirim tautan pembayaran kepada orang lain yang dipilih.

Pengguna dapat mengirimkan tautan pembayaran yang dibuat secara otomatis kepada orang pilihan anda dengan dua pilihan metode pengiriman baik lewat pesan singkat seperti SMS atau melalui email.

Adapun berikut kurang lebih bunyi pesan yang akan diteruskan kepada orang pilihan yang diminta untuk membayar:

Baca juga: Google Cloud sediakan platform pelatihan daring

"Hai! Saya ingin membeli [nama aplikasi] oleh [nama pengembang] seharga [jumlah harga]. Bisakah Anda membelinya untuk saya melalui Google Pay? Ini tautan pembayarannya [diikuti melalui tautan pembayaran]".

Orang yang akan membayarkan biaya langganan atau pembelian dalam aplikasi diharuskan mengetahui alamat email dari pengguna secara lengkap dan benar. Tautan tersebut akan kedaluwarsa setelah 24 jam.

Hal yang unik, orang pilihan yang membayar aplikasi tersebut ternyata dapat meminta pengembalian dana.

Baca juga: Google hadirkan variasi "Circle to Search" untuk pengguna iPhone

Kebijakan pengembalian dana reguler akan memungkinkan penerima pembayaran untuk meminta pengembalian dana atas pembelian jika kurang dari 48 jam sejak pembelian dilakukan.

Layanan meminta orang lain membayarkan biaya langganan aplikasi atau pembelian dalam aplikasi lewat Google ini akan mulai tersedia di India dan perlahan ditambahkan di negara-negara lain.

Baca juga: Produk Google Cloud diyakini ubah bisnis jadi kian cemerlang

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024