Bucharest (ANTARA) - Pusat Kebudayaan China di Bucharest diresmikan pada Jumat (24/5), menjelang peringatan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara serta 20 tahun kemitraan persahabatan dan kerja sama yang komprehensif.

Dengan luas area hampir 3.000 meter persegi, pusat kebudayaan tersebut terletak di pusat kota Bucharest, serta dilengkapi dengan sebuah galeri seni, sebuah perpustakaan, sejumlah ruang kuliah, dan sebuah aula serbaguna.

Duta Besar China untuk Rumania Han Chunlin dan Menteri Luar Negeri Rumania untuk Urusan Global dan Strategi Diplomatik Traian Laurentiu Hristea menghadiri peresmian pusat kebudayaan itu.

Hristea memuji vitalitas dan keragaman budaya China, menyoroti ikatan budaya yang telah berlangsung lama antara kedua negara dan mengungkapkan harapan untuk kolaborasi kerja sama lebih lanjut dalam bidang kebudayaan, pendidikan, seni, ekonomi, dan pariwisata.

Han mengatakan bahwa pusat kebudayaan tersebut menandai momen yang tak terlupakan dalam hubungan China-Rumania dan babak baru dalam pertukaran budaya, yang berfungsi sebagai platform untuk interaksi dan kerja sama budaya guna memperkuat persahabatan serta meningkatkan hubungan mereka.

China dan Rumania menjalin hubungan diplomatik pada 5 Oktober 1949. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024