"Pelantikan PPS ini kita lakukan hari ini sesuai dengan agenda nasional pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024,"
Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari secara serentak melantik 519 panitia pemungutan suara (PPS) dari sembilan distrik (kecamatan) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

"Pelantikan PPS ini kita lakukan hari ini sesuai dengan agenda nasional pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024," kata Ketua KPU Manokwari Christine R Rumkabu pada sambutannya saat melantik PPS pada masing-masing distrik secara daring di Manokwari, Minggu.

Ia mengatakan, setelah dilantik PPS adalah garda terdepan dari KPU untuk pelaksanaan Pilkada di tingkat kelurahan dan kampung.

Setelah dilantik, seluruh anggota PPS harus kembali ke kampung dan kelurahan masing-masing untuk melaporkan diri pemerintahan kampung dan kelurahan sebelum melaksanakan tugas.

PPS harus tahu persis kondisi tiap kelurahan dan kampung tempatnya bertugas. Koordinasi dan komunikasi harus dibangun mulai dari tingkat RT dan RW.

"Pakta integritas PPS harus jadi pedoman agar dapat menjalankan tugas dengan baik. Koordinasi dengan lurah dan kepala kampung juga untuk memastikan tempat kerja di sana," katanya.

Setelah pelantikan tersebut, ada agenda besar yang harus dilakukan PPS yaitu melakukan perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih).

PPS harus mampu merekrut Pantarlih yang mau dan bisa bekerja dengan baik dan bukan berdasarkan kekerabatan. Pada perekrutan Pantarlih, PPS harus berkoordinasi dengan ketua RT dan RW setempat.

"Kerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab, sekecil apapun tugas PPS berdampak besar bagi bangsa dan negara khususnya dalam pemilihan pemimpin gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati di Provinsi Papua Barat dan di Kabupaten Manokwari," ujarnya.

Kepala Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Manokwari Ronny Wanggai menjelaskan, Kabupaten Manokwari memiliki sembilan kelurahan dan 164 kampung. Tiap-tiap kampung/kelurahan akan bertugas tiga anggota PPS.

Sebelum dilantik, KPU Manokwari telah melakukan tahapan rekrutmen PPS sejak tanggal 2 Mei 2024 hingga pengumuman hasil seleksi PPS pada Sabtu (25/5).

Selanjutnya PPS akan merekrut Pantarlih untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dan pemutakhiran data kepada 135.808 orang yang masuk pada data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024