Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengakui ketangguhan wakil tuan rumah Soon Huat Goh/Shevon Jemie Lai dalam dua gim langsung 18-21,19-21 pada babak final Malaysia Masters 2024 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu.

Memulai gim pertama Rinov/Pitha tampak kesulitan melancarkan serangan pada pola pertahanan rapat yang ditunjukkan Soon/Shevon. Rinov/Pitha baru tampil menekan memasuki pertengahan gim dengan mencatatkan lima poin beruntun untuk membalikkan kedudukan menjadi 9-7 dan unggul saat interval dengan skor 11-8.

Usai interval, pola permainan Rinov/Pitha mampu terbaca oleh pasangan Malaysia yang mencatatkan lima poin berturut-turut untuk mengubah kedudukan dengan unggul 19-15 dan menutup gim pertama dengan kemenangan 21-18.

Di gim kedua, Rinov/Pitha langsung tampil mendominasi dan unggul 7-4. Ganda Indonesia itu mampu menjaga keunggulan hingga menutup interval dengan skor 11-9.

Usai interval Rinov/Pitha kehilangan kendali permainan dan kerap melakukan kesalahan yang mampu dimanfaatkan Soon/Shevon. Di penghujung gim Soon Huat Goh/Shevon Jamie Lai bermain cukup tenang untuk menutup pertandingan dengan kemenangan 21-19.

Baca juga: Rinov/Pitha akan fokus pemulihan fisik jelang berlaga di final

Rinov merasa bersyukur bisa mencapai babak final meski hasil yang diraih belum maksimal. Namun menurut Rinov hasil di ajang ini akan menjadi modal penting bagi mereka untuk menatap Olimpiade Paris 2024.

"Bersyukur bisa mencapai final, itu tidak mudah. Hasil ini tentu bagus dan bisa untuk menjadi modal ke turnamen berikutnya dan juga di Olimpiade Paris karena kami ingin puncak penampilannya di Olimpiade nanti," ujar Rinov.

Sementara itu, Pitha mengungkapkan penyesalan karena kurang tampil maksimal sepanjang pertandingan dan performa tersebut mampu dimanfaatkan oleh lawan.

"Soal permainan, baik di gim pertama maupun kedua, kami awalnya bisa unggul. Sayang setelah itu bisa terkejar lawan. Ini terjadi karena banyak kesalahan saya. Banyak kesalahan-kesalahan yang saya perbuat di lapangan," ujar Pitha.

Baca juga: Meski kalah, Putri KW merasa ada peningkatan performa
Baca juga: Rehan/Lisa segera alihkan fokus untuk tampil di Indonesia Open

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024