"PPK 210 dan PPS 1.326 orang, kami berharap PPS yang baru dilantik segera melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan pemerintah desa untuk membentuk sekretariat,"
Garut (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan 1.536 petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk melaksanakan tugas mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024.

"PPK 210 dan PPS 1.326 orang, kami berharap PPS yang baru dilantik segera melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan pemerintah desa untuk membentuk sekretariat," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin usai pelantikan petugas PPS di Garut, Minggu.

Ia menuturkan seluruh petugas PPK maupun PPS itu merupakan hasil seleksi secara ketat mulai dari persyaratan administrasi, tes tulis, penilaian masyarakat, kemudian wawancara sampai akhirnya resmi dilantik untuk melaksanakan tugas rangkaian Pilkada 2024.

Ia menyebutkan petugas PPK sebanyak 210 orang sudah dilantik lebih dulu, Kamis (16/5/2024), selanjutnya saat ini pelantikan untuk petugas PPS sebanyak 1.326 orang untuk menempati setiap desa/kelurahan sebanyak tiga orang.

Ia menyampaikan seluruh petugas PPK maupun PPS setelah dilantik untuk segera mempersiapkan diri memperbarui wawasan tentang peraturan perundang-undangan sebagai pedoman pelaksanaan pemilihan gubernur/wakil gubernur, dan pemilihan bupati/wakil bupati.

"Kami berharap bahwa bapak dan ibu membangun sinergitas, membangun harmonisasi budaya kerja yang kondusif dengan pemerintahan desa dan kesekretariatan PPS untuk kesuksesan pelaksanaan pilkada ini," katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Bambang Hafidz menyatakan, mereka yang dilantik merupakan orang terbaik setelah melewati proses secara ketat oleh KPU Garut.

Ia berharap seluruh petugas penyelenggara pilkada dapat mematuhi aturan yang sudah disusun oleh KPU dan pemerintah dalam menjalankan tugas untuk mensukseskan pesta demokrasi.

"Setelah pelantikan ini para PPS melakukan langkah-langkah untuk melaksanakan tugas yang sesuai dengan kewenangannya dan fungsinya," katanya.***2***
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024