Festival ini harus terus kita kembangkan dan pertahankan, karena warisan budaya ini terus diangkat baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional, bahkan tingkat internasional
Palu (ANTARA) - Bupati Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah Amirudin Tamoreka mengatakan, Festival Pandanga merupakan salah satu upaya untuk menjaga tradisi budaya kearifan lokal masyarakat setempat.
 
"Festival ini harus terus kita kembangkan dan pertahankan, karena warisan budaya ini terus diangkat baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional, bahkan tingkat internasional," kata Amirudin Tamoreka dalam keterangan tertulisnya di Palu, Minggu.
 
 
'Pandanga' merupakan tradisi mengantarkan sajian makanan kepada pemangku adat sebagai wujud syukur atas rezeki yang diperoleh dari Allah SWT.
 
 
Dengan mengusung tema "Melalui Festival Pandanga, Kita Kuatkan Kearifan Budaya dan Mengintegrasikan Nilai Lingkungan dalam Warisan Budaya Lokal", Bupati mengajak warga setempat untuk melestarikan dan menjaga tradisi kearifan lokal serta menerapkan nilai-nilai warisan budaya dalam kehidupan.
 
 
Festival Pandanga yang juga dirangkaikan dengan Kintom Expo 2024 merupakan acara tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai.
 
 
Pada Kintom Expo 2024 ini menampilkan berbagai produk unggulan lokal dari 14 desa, sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pertunjukan seni dan budaya.
 
 
Amirudin mengharapkan kegiatan ini menjadi momentum untuk terus mengembangkan dan mempromosikan potensi lokal serta mempererat silaturahmi antar warga, sehingga Kecamatan Kintom dapat terus berkembang dan maju di masa depan.
 
 
"Melalui Expo ini, gunakan kesempatan untuk mempromosikan dan memamerkan produk unggulan daerah untuk dapat menambah pendapatan di Kecamatan Kintom," katanya
 
 
Melalui kesempatan itu juga, Bupati menyerahkan bantuan kepada kelompok tani Desa Dimpalon, Dimpalon Baru, dan Babang Buyangge berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan para petani di Kecamatan Kintom.
 
 
Ia berharap dengan bantuan ini dapat meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani, karena pertanian merupakan salah satu sektor penting yang harus didukung bersama dan dimanfaatkan dengan baik.

Baca juga: Bupati resmikan rute baru kapal ferry Banggai-Bokan Kepulauan
Baca juga: Pemkab Banggai Kepulauan kenalkan objek wisata ke WNA mahasiswa UGM
Baca juga: Warga Banggai Kepulauan dilatih membuat kerajinan tangan dari limbah

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024