Jakarta (ANTARA News) - Terkait akan dimulainya persiapan pembangunan stasiun bawah tanah MRT Hotel Indonesia, maka beberapa halte Bus Transjakarta di Jalan Thamrin akan diubah.

1. Pembongkaran Halte Bunderan HI

Perubahan Halte Bus Transjakarta tersebut antara lain berupa pembongkaran Halte Bunderan Hotel Indonesia (HI), dan sebagai gantinya Halte Tosari dan Halte Sarinah akan diperpanjang.

"Halte Bunderan HI akan dihilangkan. Jembatan penyeberangan sementara akan dibangun untuk mengganti jembatan penyeberangan yang dihilangkan," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami di Jakarta, Kamis.

Halte Tosari akan diperpanjang menjadi enam pintu untuk mengakomodasi dua bus gandeng.

Selain itu, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran Hotel Indonesia juga akan dibongkar.

Pekerjaan pembongkaran Halte Bunderan HI dan JPO Bunderan HI akan dilakukan mulai pertengahan Januari 2014, dan diperkirakan pekerjaan perubahan halte Bus Transjakarta akan selesai sampai akhir Februari 2014.

Setelah pekerjaan tersebut, tahap berikutnya akan dilakukan pengupasan jalur median serta sebagian trotoar jalan untuk menambah lajur kendaraan di Jalan Thamrin.

Seluruh kegiatan pekerjaan di sekitar area Bundaran HI dilakukan oleh pemenang tender CP 106 yaitu konsorsium SMCC-HK Joint Operation yang terdiri dari Sumitomo Mitsui Construction Company dan PT. Hutama Karya (Persero).

2. Penyatuan Halte Karet dan Halte Setiabudi

Halte Bus Transjakarta Karet dan Setiabudi juga mengalami perubahan. Halte Karet dan Setiabudi akan dibongkar dan digabung menjadi satu Halte baru yang terletak di antara kedua Halte tersebut.

Lokasi halte baru tersebut terletak sekitar 265 metet di sebelah Utara Halte Bus Karet saat ini (Di depan Hotel Le Meridien).

3. Penggeseran Halte Transjakarta Polda Metro Jaya dan Halte Bundaran Senayan

Halte Transjakarta Polda Metro Jaya dan Halte Bundaran Senayan akan mengalami sedikit pergeseran lokasi. Kegiatan ini akan direncanakan pada minggu ke-2 Januari 2014.

Kelanjutan Paket Pekerjaan CP 104 dan 105

Selain perubahan Halte Bus Transjakarta, perkembangan dari kelanjutan proyek MRT Jakarta di area paket pekerjaan CP 104 dan 105, yakni dari Jalan Sisingamangaraja sampai dengan area Setiabudi di Jalan Sudirman adalah dilakukannya pengupasan pemisah jalur lambat dan jalur cepat di sepanjang Jalan Sudirman pada titik-titik lokasi stasiun, yaitu : Senayan, Ratu Plaza, Istora, Bendungan Hilir, hingga Setiabudi.

"Pengupasan pemisah jalur ini dilkukan untuk menyediakan lajur lalu lintas kendaraan sebagai pengganti lajur jalan yang akan ditutup dalam rangka konstruksi fisik stasiun bawah tanah MRT, sehingga jumlah lajur jalan tetap dapat dipertahankan selama masa konstruksi," kata Dono.

Kegiatan pengupasan lajur pemisah ini telah dimulai sejak pertengahan Desember 2013 dan direncanakan akan selesai pada akhir Januari 2014. Setelah masa konstruksi selesai nantinya lajur pemisah ini akan dikembalikan fungsinya seperti semula.(*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014