Medan (ANTARA) -
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan meminta jamaah haji asal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) agar fokus melaksanakan ibadah haji di tanah suci.
 
"Fokuslah beribadah di tanah suci, terutama saat wukuf di Arafah," ucap Ketua PPIH Embarkasi Medan Ahmad Qosbi ketika menyampaikan bimbingan kepada 356 calon haji Kloter 13 Embarkasi Medan, Ahad.
 
Selain itu, harus mengupayakan untuk mengurangi tidur, jika mengantuk agar mengambil wudhu untuk melaksanakan shalat sunat dan berzikir.
 
Kepada para jamaah calon haji diimbau untuk mengurangi aktivitas yang kurang bermanfaat, seperti mengobrol, merokok dan jangan banyak main-main.

Baca juga: Satu calon haji asal Jatim yang dirawat di Deli Serdang sudah sembuh

Baca juga: PPIH Medan imbau JCH Sumatera Utara kenakan ihram sejak di embarkasi 
 
"Saat di Arafah berdoalah dan minta ampun kepada Allah. Kemudian berdoa minta ampun untuk kedua orang tua, untuk sesama manusia, dan bertaubat tidak melakukan dosa-dosa pernah dilakukan," tutur dia.
 
Data PPIH Embarkasi Medan menunjukkan hingga Kloter 12 sebanyak 4.580 calon haji atau 53,11 persen asal Sumatera Utara sudah di Tanah Suci.
 
Musim haji tahun ini, calon haji reguler asal Sumatera Utara sebanyak 8.624 orang yang tergabung dalam 25 kloter diberangkatkan sejak 13 Mei 2024.
 
"Selama fase puncak haji di Arafah dan Mina, para tamu Allah mendapat makanan tiga kali sehari. Tamu Allah diminta jangan serakah, ambil yang haknya dan jangan ambil hak orang lain," ucapnya.
 
Ahmad yang menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara berpesan kepada jamaah memasang niat bahwa pelaksanaan haji tahun ini adalah haji terakhir.
 
Setelah selesai melaksanakan ibadah haji tahun ini, ungkap dia, maka seseorang yang telah berhaji baru boleh mendaftar 10 tahun ke depan dengan daftar tunggu sudah 35 tahun.
 
"Untuk itu, manfaatkan sebaik-baiknya masa 40 hari di tanah suci dengan memperbanyak ibadah," ujar Ahmad.
 
Plt. Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar mengucapkan selamat jalan kepada 319 calon haji asal Labuhanbatu disertai doa sehat walafiat, baik di tanah suci maupun kembali ke tanah air.
 
Kloter 13 Embarkasi Medan terdiri atas 319 calon haji asal Kabupaten Labuhanbatu, kemudian 29 asal Kota Medan serta delapan orang petugas haji.
 
"Mudah-mudahan sesampai di tanah suci, jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar. Kami berharap doa agar memimpin Kabupaten Labuhan Batu ini dengan baik," tuturnya.*

Baca juga: Seorang calhaj Embarkasi Solo dirawat di RSUD Amri Tambunan

Baca juga: 2.858 calon haji embarkasi Medan telah di Madinah

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024