Banyuwangi (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyebutkan dari 1.238 calon haji yang berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tahun 2024 terbagi menjadi empat kelompok terbang (kloter).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat menjelaskan bahwa jamaah calon haji asal Banyuwangi telah diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, pada Sabtu (25/5) malam.   

"Sebanyak 1.238 calon haji yang sudah diberangkatkan dibagi empat kelompok terbang (kloter), yakni kloter 57, 58, 59 dan 60. Untuk kloter 60 terbagi dengan jamaah haji asal Sidoarjo," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

Choironi menjelaskan, jamaah calon haji lanjut usia relatif sedikit, yang berusia di atas 65 tahun sejumlah 263 orang dan 27 di antaranya mengenakan kursi roda.

"Untuk calon haji tertua bernama Lamiran bin Warso dari Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu dengan usia 99 tahun. Sedangkan yang paling muda Khotib Nur Yasin dari Kebaman, Kecamatan Srono dengan usia 19 tahun," katanya.  

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berpesan kepada para jamaah calon haji untuk menjaga nama baik daerah dan mengikuti semua petunjuk dan arahan petugas.

"Jangan sampai melanggar aturan, baik aturan syar’i ataupun aturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat," katanya.

Selain itu, Bupati Ipuk juga meminta agar jamaah calon haji menjaga pola hidup selama di Makkah atau Madinah. Cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu terjadi, bisa berpengaruh kesehatan jamaah.

"Usahakan minum air putih yang banyak. Kami semua mendoakan agar jamaah dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik, menjadi haji yang mabrur dan kembali dengan selamat membawa keberkahan bagi keluarga dan masyarakat Banyuwangi," tutur Bupati Ipuk.

Ipuk juga memohon kepada jamaah calon haji agar berkenan mendoakan Kabupaten Banyuwangi agar senantiasa diberikan keamanan, keselamatan dan kesejahteraan.

Baca juga: Kemenag ungkap profil JCH Gelombang I yang telah tiba di Arab Saudi
Baca juga: PPIH Medan minta jamaah asal Sumut fokus ibadah haji di tanah suci
Baca juga: Pemkab Sidoarjo fasilitasi pemberangkatan JCH ke asrama haji

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024