Taipei, (ANTARA/PRNewswire)- Sejalan dengan perkembangan pesat sektor kecerdasan buatan (AI) di Taiwan, digerakkan industri semikonduktor, National Taipei University of Business (NTUB), universitas bisnis tertua di Taiwan, menyambut era teknologi pintar. NTUB juga telah memperbarui kurikulum dan meningkatkan keahlian riset dengan memperkenalkan sejumlah mata kuliah AI. Lewat mata kuliah ini, mahasiswa menguasai keahlian manajemen internasional yang mutakhir, serta keahlian kepemimpinan yang paling sesuai dengan tren industri terkini.

Dalam beberapa tahun terakhir, NTUB telah menyesuaikan program penerimaan mahasiswa baru dengan "New Southward Policy" yang berlaku di Taiwan. Strategi ini meningkatkan kerja sama pendidikan dan mendorong program pertukaran mahasiswa dengan sejumlah universitas di Thailand, Vietnam, serta Myanmar. Di sisi lain, strategi ini juga memfasilitasi kolaborasi dengan lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri, perusahaan, serta organisasi lain di komunitas ASEAN.

NTUB turut memperluas inisiatif akademik yang menyasar wilayah ASEAN, serta menawarkan program akademik dan proyek riset lintasdisiplin, baik di dalam dan luar negeri. NTUB pun aktif merekrut mahasiswa internasional dan mengadakan kelas-kelas khusus bagi mereka. Lewat pendekatan ini, NTUB memperluas pilihan program akademik bagi mahasiswa asing, khususnya dari Asia Tenggara. NTUB ingin mengembangkan mahasiswa tersebut menjadi praktisi manajemen pada level puncak yang menguasai keahlian global. Pada Maret lalu, NTUB memperkenalkan "International Business Talent Programme" di sebuah Pameran Pendidikan di Indonesia. NTUB juga menjangkau lebih dari 47 universitas sains dan teknologi di Indonesia guna menarik minat mahasiswa untuk berkuliah di Taiwan. Lebih lagi, NTUB telah meluncurkan New Southbound Talent Development Centre di Kampus Taipei yang menawarkan solusi pelatihan SDM bagi perusahaan asal Taiwan sekaligus memenuhi kebutuhan SDM di wilayah lokal.

Dalam beberapa tahun terakhir, NTUB, universitas bisnis pertama di Taiwan (berdiri pada 1917), telah berkembang sejalan dengan ekspansi ekonomi, kebutuhan tenaga kerja, transformasi industri, serta kemajuan teknologi Taiwan. NTUB juga telah membangun sistem akademik yang lengkap, terdiri atas program akademik dengan spesialisasi khusus yang berdurasi lima tahun hingga program doktor. Maka, NTUB semakin memperkuat reputasinya sebagai salah satu universitas bisnis terkemuka di Taiwan, serta pemimpin program pendidikan teknik dan kejuruan. Memiliki hampir 150.000 alumni, NTUB juga telah berkontribusi besar di seluruh dunia. Alumni NTUB

telah memegang posisi penting di sektor keuangan, bisnis, kebudayaan, kemasyarakatan, dan politik, serta berperan besar dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Kiprah alumni ini mencerminkan pengaruh NTUB dalam menyediakan SDM ahli yang turut andil dalam pertumbuhan ekonomi Taiwan secara berkelanjutan.

SOURCE National Taipei University of Business

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024