Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri dan Korea Selatan menjajaki potensi kerja sama dan kolaborasi di bidang penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.

Hal itu terungkap dalam kunjungan Delegasi Kemendagri yang diwakili oleh Plh Dirjen Bina Adwil Amran ke Korea Selatan, Jumat (24/5). Adapun kunjungan tersebut telah dilakukan selama 5 hari atau sejak Minggu (19/5).

“Sebagai pusat industri Asia serta memiliki institusi penelitian dan pengembangan pemadam kebakaran kelas dunia, Korea Selatan merupakan salah satu pionir dalam tata kelola kebakaran yang modern. Dalam kaitan ini, Korea Selatan merupakan salah satu negara mitra kunci Indonesia," kata Amran dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Indonesia-Malaysia kerja sama tanggulangi asap

Selama kunjungan, Ditjen Bina Adwil bertemu dengan stakeholders pemerintah dan non pemerintah antara lain KBRI Indonesia di Seoul, Ministry of the Interior and Safety; National Fire Agency; Daegu Fire Departement, Sejong Fire Departement; Gyeonggi Disaster and Safety Headquarters serta Korea Fire Institute (KFI).

Delegasi juga melakukan site visit ke Daegu Fire & Emergency Service serta berkunjung ke Fire Expo 2024.

Dalam pertemuan dengan perwakilan Korea Ministry of the Interior and Safety, Amran menyampaikan bahwa kerja sama Korea Selatan dan Indonesia dalam penanggulangan kebakaran yang sudah berjalan cukup lama perlu diperluas cakupannya, khususnya dalam penguatan sarana prasarana dan sumber daya manusia.

Baca juga: Tingkatkan pencegahan, pengelola bangunan besar digandeng Dinas Pemadam Kebakaran Banda Aceh

Kemendagri saat ini berupaya mendorong penguatan Pemda di bidang penanggulangan kebakaran khususnya dalam pencapaian response time 15 menit.

Perkembangan teknologi di Korea Selatan, khususnya dalam pengembangan infrastruktur kebakaran dapat menjadi peluang bagi Indonesia yang saat ini tengah mengalami pertumbuhan electric vehicle (EV) yang meningkatkan risiko kebakaran.

Baca juga: Lima instansi kerja sama cegah kebakaran hutan

Sementara itu, Chief of Gyeonggi Fire and Disaster Headquarters, Seonho Cho menyampaikan harapan agar kunjungan delegasi Kemendagri Indonesia dapat meningkatkan hubungan baik antara 2 negara dalam penanggulangan bencana dan kebakaran.

“Korea Selatan sangat membutuhkan pelatihan dan pembelajaran dari Indonesia, khususnya bagaimana menangani bencana besar seperti gempa dan tsunami,” ujar Cho.

Baca juga: Indonesia-Malaysia kerja sama tanggulangi asap

Kunjungan Delegasi Indonesia ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan delegasi Korea Selatan ke rangkaian HUT Pemadam Kebakaran ke 105 yang diselenggarakan Kemendagri di Surabaya, Jawa Timur, pada 1 Maret 2024.

Ikut dalam delegasi ini antara lain Indra Gunawan, SE, M.PA (Sekretaris Ditjen Bina Adwil), Danang Insita Putra Ph.D (Kasubdit Taopa Dan SDM Damkar), dan Ringga Damara, S.STP (Analis Kebijakan Ahli Muda) yang mengunjungi empat kota di Korea Selatan yaitu Seoul, Sejong City, Daegu, dan juga Suwon City, Gyeonggi.

Baca juga: Wali Nanggroe Aceh bahas kerja sama penyelamatan harimau dengan Rusia
Baca juga: BRIN dan ANRI kerja sama penyelamatan arsip ilmiah nasional
Baca juga: Korea Selatan siap dukung pencarian KRI Nanggala, jika diminta

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024