Ternate (ANTARA) - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan bencana alam dan erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), intensif membantu pendistribusian penyaluran bantuan bencana alam dari BNPB.

Dansatgas Bencana Alam Erupsi Gunung Ibu, Kolonel Arm Adietya Yuni Nurtono dihubungi, Senin, mengatakan BNPB memberikan bantuan logistik, makanan, pakaian, obat-obatan, dan peralatan lainnya. Hal itu dilakukan agar masyarakat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi ancaman bencana alam dan erupsi gunung api,

"Bencana alam dan erupsi gunung api merupakan sebuah momok yang selalu mengancam kehidupan manusia. Namun, dengan bantuan dari BNPB, korban bencana dan masyarakat sekitarnya dapat merasakan adanya kehadiran pemerintah yang pro-aktif untuk memberikan bantuan dan perlindungan yang dibutuhkan," ujarnya.

Selain itu, BNPB juga membantu membangun ketahanan sosial masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam dan erupsi gunung api di masa yang akan datang.

Baca juga: Awan vulkanik raksasa terbentuk akibat erupsi Gunung Ibu

Baca juga: Bantuan untuk korban erupsi Gunung Ibu terus mengalir

Dia menyebut, bencana alam dan erupsi gunung api adalah ancaman yang serius bagi semua. Selain menimbulkan kerugian material yang besar, bencana tersebut juga bisa merenggut nyawa manusia.

Oleh karena itu, BNPB hadir dengan tugas untuk memberikan bantuan dan perlindungan bagi masyarakat yang terdampak oleh bencana alam dan erupsi gunung api.

Dia mengungkapkan, bantuan yang diberikan oleh BNPB kepada korban bencana alam dan erupsi gunung api tidak hanya sebatas bantuan material semata, namun juga memiliki tujuan yang lebih besar yaitu membantu membangun ketahanan sosial masyarakat.

Bantuan tersebut juga bertujuan untuk membantu mengurangi dampak dari bencana terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Sebelumnya, BPNB mengecek seluruh kondisi warga menjadi korban erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) terutama di titik pengungsian yang disiapkan Pemkab setempat.

Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadhirah Seha Nur mengatakan pengecekan kondisi warga menjadi korban erupsi Gunung Ibu agar dapat menghitung kebutuhan warga untuk diberikan bantuan.

"Selain mengecek langsung kondisi pengungsi, kami juga melakukan pengecekan ke tenda Pengungsian untuk memastikan kondisi dan ketersediaan berbagai peralatan dan barang kebutuhan yang diperlukan oleh pengungsi," ujarnya.

Selain itu, dia bersama tim teknis meninjau kondisi Gunung Ibu yang saat ini masih erupsi.*

Baca juga: BNPB cek kondisi pengungsian korban erupsi Gunung Ibu

Baca juga: Pengungsi erupsi Gunung Ibu jalani pemeriksaan kesehatan

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024