Aceh Utara (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI membantu renovasi rumah seorang lansia yang bernama Yusuf (74), warga Kabupaten Aceh Utara melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST).
 
"Perasaannya senang, merasa bersyukur, karena sudah dapat bantuan dari Ibu Menteri. Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Ibu Menteri yang sudah memberikan bantuan kepada kami," kata Yusuf, saat ditemui di rumahnya di Kecamatan Tanah Pasir,  Aceh Utara, Senin.
 
Yusuf yang sudah pensiun dari pekerjaannya sebagai petani dan pencari nipah sejak tiga tahun yang lalu mengaku senang atas bantuan yang diberikan, karena Kemensos tidak hanya membantu renovasi rumah, namun juga membantu beberapa perlengkapan rumah tangga, seperti kasur, sofa, karpet, dan kompor gas.

Baca juga: Mensos beri modal dan pendampingan berdayakan masyarakat Aceh Timur 
 
"Tidurnya nyaman, senang sekali. Sebelumnya tidur di kasur kapas, sekarang tidur di spring bed," ucapnya dengan menggunakan bahasa lokal setempat.
 
Yusuf mengaku senang atas bantuan kompor gas yang diterimanya, karena dapat membantu istrinya untuk memasak, dimana sebelumnya istrinya harus memasak dengan menggunakan kayu bakar.
Yusuf (74) (kiri) bersama istrinya duduk berdua di atas sofa yang menjadi bagian dari bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) oleh Kementerian Sosial RI di Aceh Utara, Senin (27/5/2024). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)
 
Terkait hal tersebut, perwakilan Sentra Budi Perkasa, Palembang Kemensos RI Elmiana mengungkapkan renovasi rumah tersebut menghabiskan dana sebesar Rp20 juta, yang digunakan untuk memperbaiki dinding dan lantai dasar.
 
"Ini sudah banyak perubahan, terutama untuk dinding-dinding dan lantai dasar semua sudah diganti. Kalau bentuk, ukuran, tetap dengan yang lama, hanya saja materialnya yang ditambah sampai ke plafon," kata Elmiana yang menjadi penanggungjawab program ini.
 
Rumah tersebut, kata Elmiana, dibentuk sebagai rumah panggung untuk mengantisipasi bencana banjir yang kerap melanda daerah tersebut.
 
Selain bantuan renovasi rumah, kakek Yusuf juga mendapatkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) sebesar Rp14.338.500, yang mencakup bantuan isi rumah, sembako, kaca mata, dan tongkat pemandu.

Baca juga: Kemensos-Dinsos Denpasar realisasikan bansos rumah sejahtera terpadu

Baca juga: Pemkab HST Kalsel bangun 50 rumah sejahtera bantuan Kemensos
 
Elmiana menyebut pihaknya akan tetap melakukan monitoring dan evaluasi atas bantuan yang diberikan. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan meningkatkan taraf hidup kakek Yusuf.
 
Rumah Kakek Yusuf merupakan salah satu dari 27 rumah yang direnovasi dalam program RST, sebagai bagian dari peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 yang jatuh pada 29 Mei, yang dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara.
 
Selain program tersebut, Kemensos juga mengadakan program pelayanan kesehatan, seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis, pemenuhan hak sipil, dalam menyediakan layanan perekaman KTP elektronik dan Kartu Keluarga bagi lansia, serta Kemensos Goes to School dengan menargetkan siswa sekolah.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024