Magelang (ANTARA) - Sebanyak 512 pasien mengikuti operasi katarak gratis di Rumah Sakit Tentara (RST) Soedjono Magelang yang diinisiasi oleh alumni Akademi Militer 1993 atau Tidar Setia '93 bekerja sama dengan A New Vision Indonesia.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono di Magelang, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan kegiatan bakti sosial ini untuk merayakan ulang tahun pengabdian ke-30 tahun Tidar Setia '93.

Ia menyampaikan hal tersebut usai meninjau pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis di RST Soedjono Magelang. Menurutnya, banyak masyarakat, khususnya di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menderita katarak.

"Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami menggandeng A New Vision yang kebetulan sudah sekitar 13 tahun berkecimpung dalam pelaksanaan operasi katarak gratis," katanya.

Ia mengatakan pasien telah menjalani operasi katarak mulai merasakan penglihatan mereka normal kembali.

Baca juga: Panglima TNI kerahkan pasukan bantu sosialisasi cegah katarak di Papua
Baca juga: Satgas TNI bantu operasi katarak warga di perbatasan RI-PNG


Ketua Tidar Setia 1993 Mayjen TNI Ahmad Rizal menuturkan kegiatan bakti sosial itu  untuk membantu masyarakat kurang mampu yang menderita katarak, khususnya di Magelang dan sekitarnya.

"Kami dulu dilatih, dibentuk, dan dibesarkan menjadi prajurit di Magelang. Bertepatan 30 tahun pengabdian kami, maka melaksanakan bakti sosial ini di Magelang sebagai tanda cinta kepada TNI, kepada bangsa, dan negara kesatuan Indonesia," katanya.

Selain itu, lanjutnya, karena kegiatan ini bertepatan dengan bulan Agustus, maka bakti sosial juga sebagai kegiatan memeriahkan HUT ke-78 RI.

"Semoga bakti sosial yang kami laksanakan ini menjadi berkah dan manfaat untuk masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan jumlah pasien yang menjalani pemeriksaan kemarin ada 1.000 orang lebih, namun yang memenuhi syarat untuk dioperasi ada 512 orang.

"Bakti sosial ini berlangsung pada 17-20 Agustus 2023 dan kemarin sudah melaksanakan operasi hari pertama sekitar 35 orang dan hasil operasi para pasien sudah bisa melihat dengan baik," katanya. 

Baca juga: Mensos bantu 277 warga Ternate operasi katarak gratis

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023