Saya minta pembangunan 50 rumah sejahtera ini tepat waktu dan selesai dalam waktu 90 hari
Hulu Sungai Tengah, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memulai pembangunan 50 unit rumah sejahtera terpadu (RST) untuk 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai Hulu Sungai Tengah Sabtu mengatakan pembangunan RST tersebut dimulai usai dirinya menyerahkan secara simbolis buku rekening pencairan dana dengan nominal Rp20 juta per KPM.

“Bantuan rumah sejahtera ini diberikan karena masyarakat di Hulu Sungai Tengah masih ada yang membutuhkan bantuan rumah karena kesulitan perekonomian,” kata Aulia.

Aulia menyebutkan program RST sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk mewujudkan rumah yang layak huni bagi masyarakat pra sejahtera.

“Saya minta pembangunan 50 rumah sejahtera ini tepat waktu dan selesai dalam waktu 90 hari,” katanya.

Dia juga berpesan kepada keluarga penerima manfaat untuk mensyukuri bantuan yang diberikan pemerintah agar menjadi berkah.

Menurut dia, pemerintah daerah hingga pusat berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti sandang, pangan, dan papan. Salah satunya program RST, yaitu untuk pemenuhan kebutuhan rumah layak huni.

Penyerahan bantuan rumah sejahtera secara simbolis itu juga disaksikan secara langsung oleh salah satu anggota DPR RI asal Kalsel Saiful Rasyid yang turut berperan mengusulkan bantuan RST di Kabupaten HST.

Plt. Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB-PPPA) Kabupaten HST Eddy Rahmawan mengatakan, 50 KPM tersebut tersebar di lima kecamatan yang berbeda.

“Standar rumah sehat program RST ini meliputi adanya ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi dan toilet,” kata Eddy.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023