ini untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap bangsa sejak dini
Barabai, Hulu Sungai Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba karnaval dan ajang kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-kabupaten dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

Seluruh peserta terdiri dari 280 anak PAUD diantaranya lomba karnaval diikuti sebanyak 220 siswa, sedangkan lomba ajang kreativitas berupa menggambar diikuti sebanyak 60 siswa.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap bangsa sejak dini,” kata Bunda PAUD Kabupaten HST Cheri Bayuni Budjang di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Cheri yang juga merupakan suami dari Bupati HST Aulia Oktafiandi itu, menyebutkan ratusan anak PAUD antusias mengikuti lomba dengan berbagai keunikan menggunakan kostum bernuansa kemerdekaan.

“Anak anak dapat mengekspresikan diri dengan tampil di depan umum untuk membentuk keberanian dan kepercayaan diri,” ucapnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut memiliki dampak positif untuk memberikan kesan dan pengalaman berharga bagi kalangan anak usia dini.

Baca juga: Ribuan warga padati jalan protokol saksikan karnaval seni budaya
Baca juga: Ribuan masyarakat Karanganyar antusias saksikan Karnaval HUT RI


Ia berharap lomba karnaval dan kreativitas kemerdekaan tersebut dapat mewujudkan semangat gotong royong dan menumbuhkan pendidikan berkarakter Pancasila khususnya bagi anak PAUD.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten HST Muhammad Anhar menyebutkan kegiatan lomba anak PAUD tersebut berlangsung pada 10-11 Agustus 2023.

Lebih lanjut, pada Kamis (10/8) kemarin dilaksanakan lomba karnaval kemerdekaan berlangsung di Taman Dwi Warna Barabai, sedangkan lomba kreativitas menggambar berlangsung hari ini di Aula Disdikbud Kabupaten HST.

“Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab HST mengimplementasikan profil pelajar Pancasila sekaligus memperingati HUT ke-78 RI,” ujar Anhar.

Baca juga: Ribuan pelajar meriahkan pawai karnaval HUT RI di Aceh
Baca juga: Pemkab Bekasi gelar lomba karnaval dan mobil hias meriahkan HUT RI
Baca juga: Perpaduan pendidikan dan kebudayaan melalui Karnaval Merdeka Belajar

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023