Tim ini terdiri dari Inspektorat, Bappeda, PUPR, pertanian dan saya juga minta pengawalan dari kejaksaan serta dari kepolisian juga ikut
Tanah Laut, Kalsel (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Syamsir Rahman membentuk tim khusus untuk mengawal penggunaan dana desa di kabupaten setempat.

"Tim ini terdiri dari Inspektorat, Bappeda, PUPR, pertanian dan saya juga minta pengawalan dari kejaksaan serta dari kepolisian juga ikut," ujar H Syamsir Rahman, selepas membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, karena dari tahun ke tahun pasti bermasalah terkait penggunaan dana desa, sehingga di tahun ini penggunaan dana desa dikawal.

"Juklak sudah ada, Juknis sudah ada tapi ini perlu dikawal oleh tim khusus," tegasnya.

Tim, jelas dia, yang nantinya akan mencermati, apabila tim sudah menyetujui, maka tim inilah yang akan menaikkannya ke lebih tinggi.

"Camat ikut memaraf atau tanda tangan di dalamnya. Jadi terlibat semuanya dalam penggunaan dana desa," katanya.

Jadi, ungkap dia, jangan khawatir untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Tanah Laut sumber-sumber harus dijaga semuanya.

Selain itu, dia juga meminta kepada aparatur desa ada beberapa kegiatan harus diperhatikan mereka seperti, Undang-Undang No.23, Undang-Undang Pengadaan Barang dan Jasa dan dana desa.

"Begitu juga terkait dengan pengelolaan keuangan harus benar benar diperhatikan agar tidak membuat kesalahan," katanya.

Sementara, Kepada Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Tanah Laut Bambang Kadarisman meminta, kepada peserta Bimbingan Teknis Aparatur Desa benar-benar mengikuti kegiatan tersebut.

"Aparatur desa harus benar-benar mengikuti kegiatan dan perhatikan dengan benar agar nanti baik dalam pengelolaan keuangan dana desa," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Tanah Laut dan Probolinggo kerja sama penuhi bawang merah
Baca juga: Mentan apresiasi penyaluran pupuk bersubsidi di Tanah Laut

 

Pewarta: Gunawan Wibisono/Arianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024