...kami juga berusaha menggunakan teknologi dalam melakukan pemantauan guna menangani pencurian minyak ini...
Lagos (ANTARA News) - Volume pencurian minyak di Wilayah Delta Niger, yang kaya akan minyak di Nigeria, telah berkurang dari 100.000 barel jadi 40.000 barel per hari, kata Gubernur Negara Bagian Delta Niger Emmanuel Uduaghan pada Kamis (2/1).

Uduaghan berbicara kepada wartawan di Abuja, Ibu Kota Nigeria, setelah pertemuan dengan Presiden Goodluck Jonathan.

Gubernur itu mengatakan bahwa meskipun jumlah minyak mentah yang dicuri masih tinggi, dengan tindakan pro-aktif pemerintah, ancaman tersebut akan ditangani.

Ia menambahkan jika para pelaku pencurian minyak dihukum dan diganjar sesuai hukum dan teknologi yang tepat diterapkan untuk melakukan pemantauan, kejahatan itu bisa secara drastis dikurangi.

"Volume pencurian berkurang hingga hari ini, dan saya bisa memberitahu anda bahwa jumlah minyak yang dicuri telah berkurang jadi 40.000 barel per hari," kata Gubernur tersebut kepada wartawan, sebagaimana dikutip Xinhua.

Menurut dia, sebanyak 40.000 barel minyak yang dicuri per hari masih banyak.

"Kami terus melancarkan upaya, terutama menyeret pelakunya ke ranah hukum, dan jumlah (minyak yang dicuri) secara bertahap akan dikurangi dan jika mungkin kami berusaha mencapai titik nol," ia menambahkan.

"Selain pengajuan tuntutan, kami juga berusaha menggunakan teknologi dalam melakukan pemantauan guna menangani pencurian minyak ini," katanya.

Pencurian minyak adalah masalah yang sudah lama dihadapi Delta Niger.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014