Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjalin kerja sama untuk pembangunan ruang hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kedua pihak menandatangani nota kesepahaman tentang Kemitraan Pembangunan Ruang Hijau di Wilayah Ibu Kota Nusantara di Kantor Otorita IKN, Jakarta, Senin.

Dikutip dari siaran pers OIKN, penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi pedoman untuk kerja sama dalam pembangunan ruang hijau di wilayah Ibu Kota Nusantara, meliputi kawasan lindung dan kawasan budidaya pertanian untuk mendukung ketahanan pangan.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengimplementasikan program penghijauan dari industri hulu migas oleh SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sebagai upaya penghijauan pada areal yang menjadi ruang hijau di IKN, serta mendukung tercapainya prinsip pembangunan Ibu Kota Nusantara yang selaras dengan alam.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Safitri, menyatakan bahwa kerja sama ini akan menjadi kemitraan yang penting untuk memastikan Nusantara diliputi hutan yang baik, menyerupai ekosistem hutan yang sesungguhnya.

“Upaya ini kami lakukan secara inklusif, artinya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah namun juga melibatkan seluruh pihak termasuk lembaga lain,sektor swasta, dan tentunya masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko berharap kemitraan ini akan terus berlanjut guna memberikan manfaat dan berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Nusantara.

Melalui kemitraan ini, Otorita IKN dan SKK Migas menyatakan akan berupaya untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, guna mendukung kesejahteraan masyarakat serta pelestarian lingkungan di wilayah Ibu Kota Nusantara.

Baca juga: OIKN: Platform lalin berbasis AI bantu IKN capai kota berkelanjutan
Baca juga: Otorita pastikan layanan pendidikan di IKN setara Jakarta
Baca juga: OIKN ungkap sekitar 50 lebih LoI teknologi kota cerdas IKN

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024