nantinya setiap RW punya percontohan kampung siaga TBC
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mencanangkan pembentukan kampung siaga tuberculosis (TBC) untuk menanggulangi penyebaran penyakit ini.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari menjelaskan tujuan pembentukan kampung siaga TBC untuk memberikan edukasi penyakit TBC mulai dari gejala-gejala hingga penanggulangan.

"Tadi sudah saya sampaikan bahwa nantinya setiap RW punya percontohan kampung siaga TBC," kata Erizon usai pencanangan Kampung Siaga TBC di kantor Wali Kota Jakarta Barat,  Senin.

Melalui kampung siaga TBC, kata Erizon, apabila ada  warga yang terjangkit penyakit ini maka bisa segera dilaporkan kepada tim kesehatan di puskesmas agar bisa segera dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

"Puskesmas akan melakukan pemeriksaan kesehatan, apakah benar seseorang mengalami penyakit TBC dan diobati selama enam bulan sampai sembuh," kata dia.

Erizon berharap Dinas Kesehatan dapat mempercepat penanggulangan TBC demi mewujudkan Jakarta bebas TBC tahun 2030 dengan membentuk kampung siaga TBC di 267 RW di Jakarta.

"Nantinya, ada satu RW setiap kelurahan menjadi percontohan sebagai kampung siaga TBC, jadi komitmen setiap wilayah seperti RT RW, lurah, camat dan wali kota," kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudinkes Jakarta Barat, Arum Ambarsari menyebut  kasus TBC yang ditemukan di fasilitas kesehatan (faskes) di Jakbar pada tahun 2023 sebanyak 12.991 kasus.

Sedangkan  dari awal tahun sampai dengan 14 Mei 2024, tercatat 3.569 kasus di faskes wilayah tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kasus TBC di Jakbar pada 2021 berjumlah 4.956 kasus dan meningkat pada 2022 yang berjumlah 8.892.
Baca juga: Sudinkes Jaksel bentuk kampung siaga untuk tanggulangi TBC
Baca juga: Jakarta Pusat rampungkan bedah rumah pasien TBC di tiga kecamatan
Baca juga: Jakarta Utara canangkan Kampung Siaga TBC


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024