Target yang tinggi tersebut merupakan hasil perhitungan potensi kunjungan wisatawan pada ajang PON XXI juga
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Sabang menargetkan Rp1,7 miliar capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di daerah itu pada 2024, dan optimistis target tersebut akan tercapai mengingat adanya momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh pada September mendatang.

“Target yang tinggi tersebut merupakan hasil perhitungan potensi kunjungan wisatawan pada ajang PON XXI juga,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Sabang Syamsurizal di Kota Sabang, Senin.

Ia menjelaskan target Rp1,7 miliar PAD sektor pariwisata Sabang pada tahun ini terbagi meliputi Rp1,1 miliar bersumber dari hasil retribusi pariwisata, sementara sisanya sekitar Rp530 juta merupakan hasil penyewaan aset-aset Pemkot Sabang dalam kuasa dinas pariwisata.

“Adapun realisasi PAD dari target tersebut baru mencapai sekitar Rp170 juta,” katanya.

Dispar Sabang optimistis target PAD dari sektor pariwisata tersebut dapat tercapai. Sebab itu, pihaknya sebagai salah satu tuan rumah tempat pertandingan cabang olahraga (cabor) PON XXI Aceh-Sumut pada 8-20 September 2024 untuk terus mempersiapkan diri.

“Tentunya dengan melatih para pelaku sumber daya manusia pariwisata dan mengupayakan fasilitas sarana prasarana pendukung pariwisata dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi juga mengajak pelaku wisata kompak tingkatkan persiapan guna wujudkan Pulau Weh jadi destinasi wisata naik kelas dalam menyambut PON XXI.

"Yang paling penting adalah teman-teman pelaku wisata semua sebagai satu ekosistem pariwisata di Sabang ini kompak, saling mengenal dan bekerjasama, sehingga Sabang menjadi destinasi yang bisa naik kelas," kata Reza.

Ia menginginkan Sabang naik kelas, sehingga mampu meraih kunjungan wisatawan yang lebih berkualitas dan memberikan manfaat yang besar.

“Salah satu upayanya adalah meningkatkan standar dan kualitas pelayanan. Apalagi ke depan dalam waktu yang singkat ini, kurang lebih 100 hari lagi, kita menjadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut 2024," ujarnya.

Ada tiga cabor pada PON XXI bertanding Sabang, yaitu cabor aeromodelling yang dilaksanakan di Bandara Maimun Saleh dan Stadion Sabang Merauke, cabor selam akan digelar di Dermaga CT 1 BPKS, dan cabor Korfball atau bola keranjang di GOR Merah Putih.

Baca juga: Pariwisata jadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Sabang
Baca juga: Sabang terus promosi potensi pariwisata lewat Marine Festival 2024
Baca juga: Pemkot tarik wisatawan ke Sabang lewat beragam agenda pariwisata

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024