New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street mengakhiri pekan perdagangan singkat pada Jumat (Sabtu pagi WIB) sebagian besar lebih rendah, setelah Ketua Federal Reserve Ben Bernanke menyerukan untuk meneruskan upaya-upaya memperkuat pemulihan ekonomi.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 28,64 poin (0,17 persen) menjadi ditutup pada 16.469,99.

Indeks berbasis luas S&P 500 merosot 0,61 poin (0,03 persen) menjadi 1.831,37, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 11,16 poin (0,27 persen) menjadi 4.131,91.

Volume perdagangan rendah karena banyak orang masih berlibur untuk Tahun Baru dan badai salju besar melanda Timur Laut AS.

Saham-saham naik setelah Bernanke dalam sebuah pidatonya di sebuah konferensi para ekonom, mengatakan bahwa para pembuat kebijakan harus bertujuan untuk meningkatkan perekrutan pekerja dan memacu perekonomian.

Tetapi pasar cepat menyerahkan keuntungannya, karena kurangnya berita lain untuk merangsang perdagangan.

Pembuat chip Micron Technology merosot 3,2 persen setelah RBC Capital Markets menurunkan peringkat sahamnya, dengan alasan sahamnya dinilai terlalu tinggi mengingat tantangan sektoral dan perusahaan secara spesifik.

General Motors turun 3,4 persen setelah melaporkan penurunan enam persen pada penjualan mobil Desember. Sementara Ford Motor naik 0,5 persen setelah membukukan kenaikan penjualan dua persen pada Desember .

Jaringan toko obat Rite Aid melonjak 8,5 persen setelah melaporkan bahwa penjualan toko yang sama untuk Desember naik 2,9 persen dibanding periode tahun sebelumnya.

Delta Air Lines menambahkan 5,5 persen setelah melaporkan bahwa patokan penting pendapatan per penumpangnya meningkat 10 persen pada Desember dibandingkan setahun lalu. Delta mengatakan pihaknya diuntungkan dari "berlanjutnya permintaan yang kuat."

FireEye, yang menyediakan keamanan untuk sistem teknologi informasi, melonjak 38,6 persen setelah mengumumkan pihaknya mengakuisisi perusahaan keamanan lain, Mandiant, seharga sekitar satu miliar dolar AS. FireEye mengatakan kesepakatan itu akan meningkatkan kapasitasnya untuk mendeteksi dan merespon kejadian-kejadian.

Perusahaan makanan General Mills merosot 0,3 persen setelah mengumumkan bahwa pihaknya akan memproduksi sereal Cheerios tanpa bahan yang dimodifikasi secara genetik di Amerika Serikat.

3D Systems, yang membuat printer 3D, naik 2,4 persen setelah mengumumkan pembelian Gentle Giant Studios, yang menyediakan pemodelan 3D untuk hiburan dan industri mainan, tanpa mengungkapkan nilainya.

Harga obligasi turun. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun AS naik menjadi 3,00 persen dari 2,99 persen pada Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,93 persen dari 3,92 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014