Cianjur (ANTARA News) - Setelah sempat terurai pada sore tadi, lalu lintas di jalur utama Puncak di Cianjur, Jawa Barat, kembali padat menjelang malam, bahkan antrean mencapai belasan kilometer.

"Untuk mencairkan antrean, kami kembali berkordinasi dengan Polres Bogoor, melakukan sistim satu arah menuju Bogor mulai dari Pasar Cipanas," kata Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Sy Zaenal, Minggu.

Sementara kendaraan dari jalur sebaliknya, tujuan Cianjur dan Bandung, diarahkan ke sejumlah jalur alternatif seperti Hanjawar-Pacet dan Sukaresmi-Ciakalongkulon.

Hingga malam, tambah dia, pihaknya masih menyiagakan puluhan anggotanya untuk mengatur arus lalulintas yang keluar dari sejumlah tempat wisata di Puncak agar tidak menyebabkan kemacetan.

"Diberlakukannya sistim satu arah ini karena volume kendaraan dengan tujuan Bogor dan seterusnya meningkat sejak pagi, hingga sore," tandasnya.

Pada kemarin malam antrean panjang kendaraan dengan tujuan yang sama juga terjadi sehingga Polres Bogor dan Cianjur memberlakukan sistim satu arah selama 4 jam menuju Bogor.

Hal tersebut dikeluhkan penguna jalan dengan tujuan Cipanas, Cianjur dan seterusnya yang terjebak hingga lima jam di pertigaan Gadog-Ciawi, Bogor, karena jalur menuju Puncak dari arah Bogor ditutup.

Lalu lintas satu arah juga diberlakukan pada siang hari karena volume kendaraan dari Puncak menuju Bogor meningkat tajam.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014