Kami punya Cristiano, Benzema atau Bale, dan saya tidak pernah bicara mengenai starter, sehingga saya juga tidak menyinggung mengenai soal Jese
Madrid (ANTARA News) - Sesudah mengucapkan belasungkawa kepada keluarga Eusebio, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti langsung angkat suara di mimbar media massa untuk mengomentari pernik-pernik racikan strategi pertandingan melawan Celta Vigo.

Don Carlo, panggilan akrab Carlo Ancelotti itu, kembali hilir mudik jagat sepak bola di tanah Matador. "Los Blancos" menjamu Celta Vigo di Stadion Santiago Bernabeu, pada Selasa dini hari WIB, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan oleh RCTI.

Pelatih asal Italia yang relatif telah berpengalaman malang melintang meniti karier di atmosfer sepak bola itu disibukkan kembali dengan diskusi dan diskusi.

Bukan diskusi asal diskusi yang menguap di langit biru tanpa kenyataan, melainkan diskusi mengenai racikan strategi di lapangan, salah satunya mengenai susunan pemain yang diturunkan melawan Celta Vigo.

Don Carlo tidak mengabaikan faktor fans sejati "Los Blancos". Ia tahu persis bahwa kiprah Jese sangat dinanti oleh seluruh fans Real Madrid.

Hati fans Madrid gundah gulana. Dalam jumpa pers perdana sesudah liburan Natal, Ancelotti mengungkapkan kekhawatirannya mengenai sejumlah pemain yang mengalami cedera.

Menurut dia,  Coentrao dan Varane telah pulih dan siap turun bertanding, meski masih perlu dua pekan agar kedua pemain benar-benar siap berlaga.

Bagaimana dengan Gareth Bale? Pemain asal Wales itu berada dalam kondisi lebih baik. Ancelotti bahkan menyebut bahwa Bale telah ikut dalam sesi latihan pekan lalu. Ia santer disebut-sebut siap diturunkan melawan Celta.

Para pendukung Madrid bersorak riang lantaran sosok idola mereka, Cristiano Ronaldo dapat kembali beraksi. Pemain asal Portugal itu sudah hampir dua bulan sejak kali terakhir tampil di kandang Madrid. Ia kali terakhir memperkuat "Los Blancos" melawan Real Sociedad pada 9 November 2013. Tiga gol dilesakkan "CR7" untuk mengerek Madrid menang 5-1.

"Kami punya Cristiano, Benzema atau Bale, dan saya tidak pernah bicara mengenai starter, sehingga  saya juga tidak menyinggung mengenai soal Jese. Ia pemain hebat dan perannya demikian penting bagi tim. Ia muda usia, dan ia terus berkembang. Ia dapat bermain besok," kata Ancelotti.

Don Carlo tahu betul pentingnya pertandingan melawan Celta. Ini lantaran Real Madrid kembali bertarung di "sirkuit sepak bola" bermerk La Liga, menghadapi Barcelona dan Atletico.

Ia tidak ingin memandang sebelah mata kekuatan Celta. "Kami tampil baik dalam dua bulan lalu sebelum Natal, meski pertandingan melawan Osasuna dan Valencia harus kami lakoni dengan kerja keras. Kini kami perlu kembali ke bentuk penampilan yang baik. Kami berharap dapat menang dan berkonsentrasi penuh melawan Celta," katanya.

Menghadapi awal tahun 2014 ini, ia mengisyratkan untuk melakukan rotasi pemain. "Kami perlu melakukan rotasi pemain agar dapat tampil fokus, karena laga yang kami hadapi relatif keras. Kami harus bertanding setiap tiga hari selama sebulan ini," katanya.

Ia juga mendiskusikan soal sejumlah kekurangan yang masih memerlukan pembenahan bagi penampilan Madrid di masa depan.

Ketika ia ditanya soal kesulitan yang dihadapi Madrid ketika melancarkan serangan secara terus menerus ke lini pertahanan lawan, Ancelotti menolak sinyalemen itu.

"Jelasnya bahwa relatif sulit melancarkan serangan jika anda tidak punya ruang gerak leluasa. Hal ini umum berlaku bagi setiap tim, tidak hanya berlaku bagi kami. Saya percaya bahwa Cristiano, Benzema, Isco atau Modric dapat memberi kemajuan berarti bagi tim," katanya.

Anatomi kedua tim:

* Real Madrid kini bertengger di peringkat ketiga dengan mengemas 41 poin di klasemen La Liga 2013/14; sementara Celta berada di urutan ke-17 dengan memperoleh 16 poin.
* Laga melawan Celta disebut-sebut "dramatis" bagi Los Blancos, karena kekeliruan sedikit saja berakibat blunder bagi tim asuhan Ancelotti itu.
* Celta terbilang rapuh di lini pertahanan. Di musim ini, pasukan asuhan pelatih Luis Enrique kebobolan 11 gol dalam lima pertandingan terakhir, meski mereka pernah mengandaskan Malaga dan Sevilla ketika berduel di kandang sendiri.
* Celta dikarunai dua sosok top scorer masing-masing Charles dan Alex Lopez. Keduanya masing-masing telah melesakkan lima gol.
* Lini pertahanan Real Madrid selama musim ini meniti perjuangan ekstra keras. Baik Ancelotti maupun Enrique paham benar bahwa lini pertahanan menjadi keprihatinan bagi masing-masing pelatih.
* Bale telah mencetak sembilan gol dalam 15 pertandingan bersama Real sejak ia bergabung dari Tottenham. Ia sempat absen sebelum tengah-musim karena ia mengalami cedera betis.
* Cristiano Ronaldo telah mencetak sebanyak 27 gol dalam 21 laga di seluruh kompetisi.
* Fabio Coentrao siap diturunkan ketika melawan Celta setelah pemain itu dibekap cedera hamstring. Raphael Varane dan Dami Khedira, kedua pemain ini mengalami cedera lutut. Kedua pemain siap diturunkan.

Prakiraan susunan pemain:

Real Madrid (4-2-3-1):

Lopez, Marcelo, Ramos, Pepe, Carvajal, Alonso, Modric, C.Ronaldo, Isco, Benzema
Pemain cadangan:
Casillas, Arbeloa, Coentrao, Casemiro, Illaramendi, Jese, Morata

Celta Vigo (4-3-3):
Yoel, Mallo, Costas, Aurtenetxe, Toni, Fernandez, Oubina, Krohn-Dehli, Rafinha, Charles, Orelina
Pemain cadangan:
Alvarez, Cabral, Vila, A.Lopez, Madinda, Nolito, Mina

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Real Madrid imbang dengan Celta (90,9 persen)
* Real Madrid 4-0 Celta (17,66 persen)
* Real Madrid 3-0 Celta (11,9  persen)
* Real Madrid 4-1 Celta (11,15 persen)

Head to Head:

La Liga (LIGA)
10 Mar 2013     Celta 1 - Real Madrid 2     
20 Oct 2012     Real Madrid 2 - Celta 0     
 1  Apr 2007     Celta 1 - Real Madrid 2

Copa del Rey (ESPC)
9   Jan  2013     Real Madrid 4 - Celta 0     
12 Dec  2012     Celta 2 - Real Madrid 1     
     
Lima laga terakhir:
 
Real Madrid:
2 Jan  2014    PSG 0 - Real Madrid 1    FRC
22 Dec 2013    Valencia 2 - Real Madrid 3    LIGA
18 Dec 2013    Real Madrid 2 - CD Olímpic de Xàtiva 0    ESPC
14 Dec 2013    Osasuna 2 - Real Madrid 2    LIGA
10 Dec 2013    Copenhagen 0 - Real Madrid 2    UCL

Celta Vigo:
22 Dec 2013    Celta 1 - Osasuna 1    LIGA
19 Dec 2013    Athletic Bilbao 4 - Celta 0    ESPC
16 Dec 2013    Valladolid 3 - Celta 0    LIGA
 7  Dec 2013    Celta 1 - Athletic Bilbao 0    ESPC
30 Nov 2013    Celta 3 - Almeria 1    LIGA

Narasi atas prediksi:

* Kembalinya Bale masuk dalam "starting XI" Ancelotti relatif banyak mempengaruhi alur serangan Los Blancos. Faktor Bale menjadi salah satu kata pamungkas dalam setiap pertandingan yang dijalani kubu Madrid, termasuk juga melawan Celta.

* Bertanding di Bernabeu, bukan hal mudah bagi pasukan Celta, terlebih bagi pelatih Enrique yang pernah membuat memori buruk bagi kubu Madrid, sepuluh tahun silam. Kala itu, tepatnya pada musim panas 1996, Enrique menjadi pahlawan bagi skuat Catalan. Setelah melesakkan gol bagi Barcelona, ia mencibir dengan menyatakan, "Rasakan itu, Madrid!"

* Celta naga-naganya berusaha tampil agresif. Mereka berusaha untuk mencetak gol ke gawang Madrid dengan memainkan pola serangan balik yang cepat. Hanya saja, kali ini laga digelar di Bernabeu, markas Madrid.

* Kalau Celta berusaha tampil agresif, maka Madrid tidak menyia-nyiakan kesempatan mencetak sebanyak mungkin gol ke gawang skuat asuhan Enrique itu. Pertahanan Celta selama ini telah kebobolan 27 gol.

* Apakah duet  Aurtenetxe dan Mallo mampu menghalau laju eksploratif dari penampilan Cristiano Ronaldo, Di Maria, Bale atau Jese? Yang jelas, barisan gelandang Madrid, yakni isco, Alonso dan Modric bakal menyulitkan Celta.

* Meskipun barisan pertahanan Real Madrid tidak apik-apik benar, Los Merengues bakal menikmati dan memanfaatkan atmosfer bertanding di kandang sendiri, tentu semuanya itu dipersembahkan bagi para fan sejati mereka.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Real Madrid: 3
Celta Vigo: 0 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014