Kami harus berusaha tampil sebaik mungkin dengan mengalahkan West Ham. Sesudah West Ham, kami bersiap melawan Newcastle. Kami tidak memikirkan trofi, yang kami pikirkan hanyalah laga besok
Manchester (ANTARA News) - Silakan saja West Ham United melambung asa optimisme ketika menyambangi Etihad Stadium untuk menantang Manchester City di leg pertama Piala Liga (Capital One).

West Ham perlu segera memberi tanda kurung ketika menghadapi Manchester City yang nota bene sedang berada dalam penampilan serba yahud.

Alasannya? The Citizens, julukan bagi City, tampil sebagai tim yang paling produktif mencetak gol, dengan mengemas 57 gol. Kedua tim akan berduel pada Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Skuad asuhan pelatih Manuel Pellegrini itu kini bertengger di peringkat kedua klasemen Premier League dengan mengoleksi 44 poin, sementara peringkat pertama diduduki oleh Arsenal dengan memperoleh 45 poin. Sementara West Ham tersungkur di peringkat 19 dengan menggaet 15 poin.

West Ham bukan sosok skuad yang beringas menjebol gawang lawan. Kemenangan terakhir skuad asuhan pelatih Sam Allardyce itu di Premier League meletak pada akhir November lalu, dengan mengalahkan Fulham 3-0, meski mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dari sembilan laga terakhir. West Ham juga mampu menekuk Tottenham Hotspur dengan 2-1 di Piala Liga.

Disebut-sebut kunci kemenangan Allardyce menjinakkan Tottenham terletak kepada ketepatan menerapkan taktik yang ultra-konservatif dengan memeragakan pola 4-6-0. Apakah ia kali ini juga menerapkan pola yang sama ketika menghadapi skuad sekelas Manchester City?

"Kami akan siap memainkan taktik sama halnya ketika kami bermain catur," kata asisten manajer Neil McDonald dalam situs klub. "Ini artinya, kami tidak akan memainkan formasi yang serupa ketika melawan Manchester City karena kami bertanding di kandang mereka," katanya.

City dilengkapi sederet striker bertipe predator, sebut saja Sergio Aguero, Samir Nasri, dan Navas. Pellegrini juga bertumpu kepada Negredo, Dzeko, Yaya Toure.

Toure kini menjadi pemain produktif nomor dua di Premier League dengan mencetak 10 gol. Ini semua mengindikasikan bahwa pasukan City piawai dalam persentase penguasaan bola dan akurasi umpan, sementara West Ham masih merangkak dalam produktivitas gol.

Anatomi kedua tim:

Manchester City
* City tidak diperkuat oleh Stevan Jovetic, Sergio Aguero, Micah Richards, John Guidetti, Jack Rodwell dan Martín Demichelis. Mereka masih dibekap cedera.
* City hanya sekali kalah dalam 12 pertemuan dengan West Ham di ajang Premier League (delapan kali menang, tiga kali imbang).
* Alvaro Negredo telah mencetak tiga gol dan melepas dua assist dalam tujuh penampilan Manchester City.
* Manchester City memenangi 46 persen dari seluruh laga di ajang Premier League tanpa Vincent Company sejak pemain itu melakukan debut.
* Yaya Toure mencetak rekor sebagai pemain yang terbanyak melepas umpan di ajang Premier League (462 kali).

West Ham
* West Ham coba bangkit setelah kebobolan lima gol tanpa balas ketika menghadapi Nottingham Forest, meski lawannya kali ini Manchester City.
* The Hammers turun tanpa diperkuat sejumlah pemain kunci, sebut saja Stewart Downing, Winston Reid, Andy Carroll, Ricardo Vaz Te, James Tomkins dan Mark Noble, karena mereka seluruhnya mengalami cedera.

Komentar dua pelatih:

Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Kami tidak berpikir untuk meraih empat trofi. Kami hanya berpikir dan berkonsentrasi untuk meraih kemenangan dalam laga besok. Ini menjadi satu dari dua pertandingan penting yang harus kami jalani di ajang semi-final Piala Capital One. Kami tampil di kandang."

"Kami harus berusaha tampil sebaik mungkin dengan mengalahkan West Ham. Sesudah West Ham, kami bersiap melawan Newcastle. Kami tidak memikirkan trofi, yang kami pikirkan hanyalah laga besok."

"Mereka memang beroleh hasil yang kurang mengesankan, karena itu saya tidak beranggapan bahwa mereka diperkuat oleh 11 pemain terbaik. Mereka tampil dengan sederet pemain muda."

Sam Allardyce (West Ham):
"Sesungguhnya saya lebih berkonsentrasi di lini depan. Kami paham bahwa kami menghadapi situasi yang sulit, dan saatnya kami mampu menemukan solusi. Kami harus lebih bersatu dan bekerja bersama-sama agar beroleh hasil positif.

Prakiraan susunan pemain:
Manchester City (4-2-2):
Hart, Kolarov, Nastasic, Kompany, Zabaleta, Nasri, Toure, Fernandinho, Milner, Dzeko, Negredo
Pemain cadangan:
Pantilimon, Clichy, Lescott, Rodwell, Silva, Lopes, Javi Garcia

West Ham (4-4-2):
Jaaskelainen, O'Brien, Demel, McCartney, Rat, Joe Cole, Diame, Collison, Jarvis, Whitehead, C.Cole
Pemain cadangan:
Adrian, Potts, J Cole, Downing, Diarra, Taylor, Maiga
   
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City 3-0 West Ham (14,96 persen)
* Manchester City 3-1 West Ham (12,81 persen)
* Manchester City 4-0 West Ham (11,54 persen)

Head to Head
Premier League (EPL)
19 Oct 2013     West Ham 1 - Manchester City 3     
 27 Apr 2013     Manchester City 2 - West Ham 1     
  3 Nov 2012     West Ham 0 - Manchester City 0     
  1 May 2011     Manchester City 2 - West Ham 1     
11 Dec 2010     West Ham 1 - Manchester City 3     

Lima laga terakhir:     

Manchester City
4 Jan 2014    Blackburn Rovers 1 - Manchester City 1    FA
1 Jan 2014    Swansea City 2 - Manchester City 3    EPL
28 Dec 2013    Manchester City 1 - Crystal Palace 0    EPL
26 Dec 2013    Manchester City 2 - Liverpool 1    EPL
21 Dec 2013    Fulham 2 - Manchester City 4    EPL

West Ham
5 Jan 2014    Nottingham Forest 5 - West Ham 0    FA
1 Jan 2014    Fulham 2 - West Ham 1    EPL
28 Dec 2013    West Ham 3 - West Bromwich Albion 3    EPL
26 Dec 2013    West Ham 1 - Arsenal FC 3    EPL
21 Dec 2013    Manchester United 3 - West Ham 1    EPL

Narasi atas prediksi:
* Manuel Pellegrini berambisi mencetak sederet prestasi gemilang ketika meniti karier di Inggris. Kini saatnya, ia membuktikan diri sebagai sosok yang tidak hanya bermodal niat melainkan mampu mewujudkannya. Kali ini lawannya West Ham di Etihad Stadium.

* The Citizens berpeluang merebut piala Capital One. Sementara West Ham masih terus berkutat dengan kepercayaan diri. Mereka punya modal kemenangan ketika mengalahkan Spurs.

* City bakal tampil optimal ketika berlaga di kandang, apalagi lawan kali ini West Ham.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Manchester City: 3
West Ham: 0
 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014