Jakarta (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia masih membahas cabang-cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan yang berlangsung 18 September - 4 Oktober mendatang.

Ketua KONI Tono Suratman di Jakarta Rabu mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) masih menggodok cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia.

"Dalam dua hari kedepan, kami akan membahas cabang apa saja yang akan diberangkatkan ke Asian Games. Kami juga memanggil PB (pengurus besar) cabang olahraga yang berpeluang diberangkatkan ," katanya disela "Refleksi Satu Tahun Masa Jabatan Menpora" di Kantor Kemenpora Jakarta.

KONI bersama Satlak Prima akan memanggil kurang lebih 19 organisasi cabang olahraga yang berpeluang diberangkatkan ke kejuaraan empat tahunan itu. Dari 19 itu, 11 cabang yang dipanggil di antaranya merupakan cabang olahraga yang meraih medali pada Asian Games 2010 lalu.

Jika dilihat indikator yang digunakan, cabang olahraga yang berpeluang besar dikirim ke Asian Games 2014 Incheon Korea Selatan antara lain renang, panahan, bulutangkis, kano, rowing, wushu, karate dan atletik.

Hal sama dikatakan Wakil Ketua Umum KONI Suwarno. Menurut dia, selain dari cabang yang turun di Asian Games sebelumnya, indikator penentuan didasarkan pada prestasi di SEA Games 2013, PON Riau hingga kejuaraan-kejuaraan single event.

"Jika prestasinya (sepak bola) terus mengalami peningkatan ya nantinya dikirim. Makanya terus kita pantau. Yang jelas ini (Asian Games) bukan latihan. Ini event kehormatan martabat bangsa," katanya dengan tegas.

Sementara Menpora Roy Suryo menyambut baik jika cabang olahraga sepakbola diberangkatkan ke Asian Games 2014 meski hingga saat ini belum ada keputusan cabang olahraga yang resmi diberangkatkan.

"Ini sangat bagus. Kita juga harus memberi kesempatan," katanya.

Cabang sepak bola jika dilihat dari hasil SEA Games 2013 memang berhak mendapatkan kesempatan tampil di Asian Games. Anak asuh Rahmad Darmawan itu pada kejuaraan olahraga terbesar di Asia Tenggara itu mampu meraih medali perunggu.

Demi melancarkan misi ke Asian Games 2014, PSSI selaku induk organisasi sepak bola telah menyiapkan dana besar guna mempersiapkan tim terbaik. Dana yang dipersiapkan antara Rp10-15 miliar.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014