KABUL, Afghanistan, 21 Januari 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan CEO Ariana Television & Radio Network (ATN) Ehsanollah Bayat menyambut lebih dari 100 tamu yang terdiri dari anggota kabinet pemerintah Afghanistan, anggota parlemen, pejabat pemerintah, dan perwakilan negara-negara sahabat dalam peresmian Pusat Media Bayat pada hari Selasa, 21 Januari 2014 di Kabul.   

Pusat Media setinggi lima lantai ini merupakan fasilitas penyiaran radio dan televisi paling modern dan paling besar di Afghanistan, dan juga akan menjadi kantor pusat nasional Wireless Communication Company (AWCC) dan Bayat Foundation. Investasi strategis bagi masa depan Afghanistan ini merupakan warisan informasi, komunikasi, dan inovasi dan kepemimpinan teknologi nasional Afghanistan.

Menempati lahan seluas 77.000 meter persegi, Pusat Media ini dilengkapi dengan 7 studio televisi; 8 studio radio/rekaman audio; 2 studio penyuntingan dan alih suara; dan sebuah bioskop berisi 250 kursi yang diperkaya dengan teknologi video dan audio canggih untuk pertunjukan televisi dan radio. Fasilitas produksi dan penyiaran berkelas dunia ini akan semakin memperkuat posisi Ariana Television and Radio di dalam memberikan suara nasional terpadu, komunitas digital kolaboratif, dan wadah komunikasi regional kepada masyarakat Afghanistan yang akan sekali lagi mengembalikan peran kepemimpinan yang pernah dipegang oleh Afghanistan di sektor media di kawasan Asia Tengah. Menggunakan panel kaca berlapis untuk memaksimalkan pencahayaan alami, pencahayaan LED ekstensif, pemanas air bertenaga surya, dan sistem pengolah/daur ulang air independen yang inovatif, Pusat Media ini juga merupakan satu dari segelintir bangunan paling ramah lingkungan di Afghanistan.    

Menurut Ehsanollah Bayat, "Pusat Media Bayat tidak sekedar bangunan berkelas dunia; tapi juga sebuah warisan nasional informasi, komunikasi, dan inovasi teknologi yang dikelola dan untuk rakyat Afghanistan. Negeri kami telah melalui berbagai tantangan, dan kami percaya terhadap kemampuan masyarakat Afghanistan untuk bersatu, membangun kembali, memperkuat, dan memajukan bangsa kami. Dengan demikian, kehormatan bagi saya untuk mengajak Presiden Karzai dalam membuka "jendela dunia" ini untuk bangsa kami, dan juga kehormatan bagi saya untuk menunjukan kepada seluruh dunia kalau masa depan Afghanistan sangat cerah dan memiliki peluang yang begitu banyak."

Presiden Karzai, dalam ucapan selamatnya, mengatakan, "Saya bangga dengan apa yang kita miliki sekarang. Bangunan modern dan mutakhir ini merupakan hasil jerih payah masyarakat Afghanistan untuk kemajuan bangsa kita dan rakyatnya. Saya sangat senang dan bangga melihat banyak anak bangsa yang bekerjasama di dalam pembangunan fasilitas ini. Pusat Media ini tidak hanya dibangun sebagai tempat belajar dan bekerja bagi generasi mendatang, tetapi juga untuk menjadi standar dan contoh bagi mereka yang ingin membangun dan memajukan  Afghanistan. Acara peresmian ini merayakan apa yang telah sepenuhnya kita capai; dengan uang kita sendiri, dengan keringat, jerih payah, dan dedikasi bangsa dan rakyat Afghanistan. Pusat Media ini adalah tonggak yang membangun masa depan Afghanistan yang dibangun, dikelola, dan untuk rakyat Afghanistan."

Presiden Karzai dan Ehsan Bayat juga memanfaatkan kesempatan ini untuk meluncurkan ATN News, jaringan televisi dan radio baru yang terdiri dari dua televisi nasional dan dua saluran radio nasional. ATN News akan menayangkan siaran-siaran berita yang beragam, yang mengetengahkan politik, ekonomi, dan analisis dan komentar regional.

Disusun oleh tim redaksi kompeten yang berpusat di studio produksi berita regional ATN di Herat, Mazar, Jalalabad, dan studio lain yang segera dibuka, Kandahar, ATN News akan menyajikan beragam berita harian dari seluruh penjuru Afghanistan yang dirangkum melalui sudut pandang nasional, dan memungkinkan rakyat Afghanistan - dimanapun dan menggunakan bahasa apapun - untuk dapat mempelajari isu-isu terkini dan membuka berbagai peluang untuk memakmurkan Afghanistan. Dan, untuk melengkapi sajian berita, ATN News juga akan menghadirkan ramalan cuaca dan berita olahraga.

Sekilas tentang Ariana Television and Radio Network
Didirikan oleh Bapak EhsanollahBayat pada tahun 2005, Ariana Television and Radio (ATN) adalah jaringan media swasta terbesar di Afghanistan, yang menjangkau 33 dari 34 provinsi dan lebih dari 25.000.000 rakyat Afghanistan. ATN, yang disiarkan dengan bahasa Dari dan Pashto, juga disiarkan melalui satelit ke Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Fokus pada informasi, konten, dan hiburan, program-program ATN mengetengahkan tema pendidikan, kesehatan, anak-anak, wanita, dan isu-isu dunia. Tim kerja ATN dengan bangga menyiarkan berita yang akurat, tajam, dan netral bagi para penonton.

Tujuan ATN sejak peluncurannya ialah menyediakan "Jendela untuk Masa Depan yang Lebih Baik". Dengan menyiarkan dua televisi nasional dan dua saluran radio nasional (ATN dan ATN News), tujuan kami ialah untuk menyiarkan seni dan budaya internasional terbaik dari seluruh dunia, sekaligus membuka kesempatan bagi penulis, produser, artis, dan sutradara lokal. Program-program dapat diakses melalui situs ATN, www.arianatelevision.com atau melalui HotBird and GlobeCast.


Sekilas Afghan Wireless

Didirikan oleh Ehsanollah Bayat dan berpusat di Kabul, Afghan Wireless (AWCC) - perusahaan patungan antara Telephone Systems Internationl, Inc. (TSI) dan Kementerian Komunikasi - melayani lebih dari 4.000.000 pelanggan di seluruh Afghanistan. Dengan mempekerjakan 5.500 karyawan langsung dan 100.000 karyawan tidak langsung, Afghan Wireless adalah salah satu perusahaan terbesar di Afghanistan, dan pemimpin dalam penyediaan solusi komunikasi nirkabel dan pita lebar bagi masyarakat dan pelanggan korporasi. Informasi lebih jauh, kunjungi www.afghan-wireless.com.


Sekilas tentang Bayat Foundation

Sejak tahun 2005, Bayat Foundation, organisasi amal c(3) yang berbasis di Amerika Serikat, telah meningkatkan kesejahteraan warga Afghanistan. Yayasan ini, yang didirikan dan diketuai oleh Ehsan Bayat dan Fatema Bayat, telah memberikan kontribusi ke lebih dari 200 proyek peningkatan kualitas hidup remaja, wanita, orang miskin, dan lansia Afghanistan. Proyek-proyek tersebut meliputi berbagai fasilitas baru dan infrastrukur berkesinambungan yang dibangun di wilayah-wilayah yang membutuhkan, dan peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan program kebudayaan. Untuk informasi selanjutnya, silakan kirim email ke info@bayatfoundation.org.

KONTAK: Montgomery Simus, m.simus@tsiglobe.com  +1 702 809 6772

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014