Tidak ada target khusus, karena dibanding tim lain yang ikut Superliga, materi pemain kami memang kalah kualitas
Surabaya (ANTARA News) - Tim pendatang baru Hi-Qua Wima Surabaya tidak menggunakan jasa pemain asing saat berlaga pada kompetisi Superliga Badminton Indonesia 2014 di Surabaya, 3-9 Februari.

Pembina Hi-Qua Wima Ferry Stewart ketika ditemui wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan ada sembilan pebulu tangkis lokal yang diandalkan pada kompetisi profesional itu, termasuk beberapa pemain yang dipinjam dari klub lain.

"Kami meminjam dua pemain tunggal dari klub lain, yakni Fauzi Adnan (Jaya Raya Suryanaga) dan Arif Gifar Ramadhan (PB Djarum). Selebihnya adalah pemain-pemain binaan sendiri," tuturnya.

Pemain yang memperkuat Wima Surabaya adalah Febriyan Irvannaldi, Rizky Antasari (keduanya tunggal), Riky Widianto, Ade Yusuf, Ronald Alexander, Rizky Hidayat, dan Rio Arif.

PB Hi-Qua Wima menjadi satu-satunya wakil dari Surabaya yang berlaga di Superliga Badminton, setelah PB Jaya Raya Suryanaga memutuskan absen. Namun, Wima hanya turun di sektor putra, karena tidak memiliki materi pemain memadai di bagian putri.

"Sebenarnya kami mendapatkan kuota sebanyak 10 pemain, tetapi dengan sembilan pemain sudah cukup. Mereka sudah kami daftarkan ke panitia sejak pertengahan Januari lalu," ucapnya.

Dari materi pemain yang ada, lanjut Ferry, pihaknya mengandalkan nomor ganda untuk meraih poin di setiap pertandingan yang menggunakan format seperti kejuaraan beregu Piala Thomas.

"Tidak ada target khusus, karena dibanding tim lain yang ikut Superliga, materi pemain kami memang kalah kualitas. Tapi, kami siap memberikan perlawanan maksimal," ujarnya.

Kompetisi Superliga Badminton 2014 akan mempertandingkan kelompok putra dan putri dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp2 miliar, rinciannya masing-masing Rp500 juta untuk juara putra dan putri, peringkat kedua Rp250 juta, peringkat ketiga Rp150 juta, dan peringkat keempat Rp100 juta.

Klub atau tim lokal yang ambil bagian adalah Djarum Kudus, Musica Flypower Champions, Jaya Raya Jakarta, Mutiara Cardinal, Tangkas Spech, Hi-Qua Wima, Tjakerindo Mas, dan Guna Dharma.

Sedangkan tim asing yang bergabung masing-masing Unisys Jepang, Renesas Jepang, SCG Thailand, Cooperative Bank Taiwan, Tricky Panda Jepang, dan Malaysia Tiger.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014