Bantuan ini hanya stimulan, karena penyelesaian masalah sosial tidak bisa hanya diselesaikan oleh Kementerian Sosial, tapi harus bersama-sama,"
Peureulak, Aceh (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menyerahkan bantuan sosial senilai Rp36 miliar untuk Provinsi Aceh.

"Bantuan ini hanya stimulan, karena penyelesaian masalah sosial tidak bisa hanya diselesaikan oleh Kementerian Sosial, tapi harus bersama-sama," kata Mensos di Peureulak Aceh Timur, Sabtu.

Penyerahan bantuan dilakukan bersamaan dengan peluncuran tim Ekspedisi Kemanusiaan Kelompok Marjinal (EKKM) di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Sebanyak 200 unit rumah tidak layak huni dibedah di Kabupaten Aceh Timur dengan anggaran sebesar Rp10 juta untuk setiap rumah.

Selain itu diserahkan bantuan untuk 15 Kelompok Usaha Bersama (Kube) masing-masing Rp20 juta dengan totakl anggaran Rp300 juta.

Bantuan untuk tiga unit sarana lingkungan masing-masing Rp50 juta. Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) tahun pertama dan kedua total Rp3,2 miliar.

Serta asistensi sosial penyandang cacat berat untuk 28 orang, keserasian sosial untuk empat desa total Rp436 juta dan bantuan untuk kearifan lokal Rp50 juta.

Untuk Kabupaten Aceh Besar, diberikan bantuan berupa RS-RTLH 100 unit masing-masing Rp10 juta total Rp1 miliar, 10 Kube total Rp200 juta, dua sarana lingkungan total Rp 100 juta, serta Pinjam Pakai Mobil LK3 satu unit Rp365.709.300.

Sementera, di Kabupaten Aceh Tengah, paket bantuan pinjam pakai Mobil LK3 satu unit Rp365.709.300.

Total bantuan yang diserahkan Kementerian Sosial untuk Kabupaten Aceh Timur Rp6,2 miliar, sementara untuk Provini Aceh yang diserahkan pada kesempatan tersebut senilai Rp36 miliar.(*)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014