Melbourne (ANTARA News) - Berikut adalah fakta-fakta mengenai petenis Swiss Stanislas Wawrinka yang mengalahkan Rafa Nadal 6-3 6-2 3-6 6-3 untuk menjuarai Australia Terbuka tahun ini di Melbourne hari ini.

Ringkasan ini dikutip dari kantor berita Reuters.

Tanggal lahir: 28 Maret 1985 di Lausanne, Swiss
Peringkat dunia: 8 (diperkirakan naik jadi nomor 3 esok Senin)
Juara: 6 kali
Nama panggilan: "Stanimal"
Pelatih: Magnus Norman

* Mulai bermain tenis pada usia delapan tahun dan mengambiskan seluruh karir tenisnya di bawah bayang-bayang rekan senegaranya Roger Federer.
* Meninggalkan sekolah pada usia 15 untuk penuh bermain tenis dan menjuarai Prancis Terbuka junior 2003 dan dua gelar level Challenger di San Bendetto dan Jenewa.  Masuk tim Piala Davis Swiss sejak umur 18 tahun, dan memulai persahabatannya dengan Federer.
* Meraih gelar tur ATP pertamanya pada 2006 di Umag ketika Novak Djokovic mundur karena kesulitan bernafas pada partai final.
* Masuk deretan 10 petenis top dunia untuk pertama kalinya pada 2008 dengan menempuh dua final tur ATP dan memenangkan medali emas ganda putra bersama Federer pada Olimpiade Beijing
* Mengalahkan Federer untuk pertama kali dalam karirnya pada babak ketiga Monte Carlo 2009.
* Maju ke babak delapan besar Grand Slam pertama kalinya pada  2010 ketika melangkah ke perempatfinal AS Terbuka setelah mengalahkan Andy Murray di babak keempat.
* Tersisih karena tidak konsisten pada 2013, mulai dengan kekalahan pada babak empat Australia Terbuka setelah kalah lima set dari juara bertahan Djokovic.
* Berbalik menjadi pemain paling konsisten dalam Tur ATP dengan 14 kali perempatfinal atau lebih baik dari itu. Meraih gelar keempat di Oeiras, setelah mengalahkan nomor empat dunia David Ferrer.
* Mencapai perempatfinal Roland Garros dan maju ke semifinal AS Terbuka sebelum kembali dikalahkan Djokovic dengan lima set.
* Lolos ke ATP World Tour Finals pertamanya di London dan mencapai semfinal sebelum lagi-lagi dikalahkan Djokovic.
* Memulai 2014 dengan gelar ATP Tour kelimanya di Chennai.
* Mengalahkan juara bertahan Djokovic pada perempatfinal Australia Terbuka 2014.
* Mengalahkan Rafa Nadal pada final Australia Terbuka 2014 untuk meraih juara Grand Slam pertamanya.
* Petenis pertama yang mengalahkan petenis nomor satu dan dua dunia dalam satu turnamen Grand Slam sejak petenis Spanyol Sergi Bruguera melakukannya pada Prancis Terbuka 1993.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014