Purwokerto (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia menyiapkan empat rute baru yang menghubungkan kota-kota utama di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Empat rute baru tersebut rencananya akan dioperasikan mulai bulan Februari 2014. Oleh karena itu, PT KAI akan menambah perjalanan kereta api untuk melayani empat rute baru di wilayah Jateng dan DIY," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Selasa.

Menurut dia, empat rute baru tersebut terdiri dari Kroya-Lempuyangan-Purwokerto yang akan menggunakan perpanjangan rute KA Serayu Malam, rute Lempuyangan-Kutoarjo pergi pulang (pp) akan dilayani KA Ajisaka, rute Purwokerto-Tegal-Semarang pp dilayani KA Kamandaka, dan rute Purwosari-Solo-Semarang pp menggunakan KA Kalijaga.

"KA Ajisaka, KA Kamandaka, dan KA Kalijaga merupakan rangkaian KA baru kelas ekonomi AC (berpenyejuk udara, red.) nonsubsidi atau non-PSO (Public Service Obligation). Tarif dipastikan akan terjangkau oleh masyarakat, setidaknya berimbang dengan tarif bus, namun waktu tempuhnya lebih cepat," kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa KA Serayu Malam yang selama ini melayani rute Purwokerto-Kroya-Bandung-Jakarta pp khusus untuk rangkaian KA yang diberangkatkan dari Jakarta akan diperpanjang hingga Lempuyangan.

Dengan demikian, kata dia, untuk sementara KA Serayu Malam yang diberangkatkan dari Jakarta tidak lagi melayani penumpang tujuan Purwokerto.

"Sesampainya di Kroya pukul 05.52 WIB, KA Serayu Malam dari Jakarta akan diberangkatkan ke Lempuyangan. Dari Lempuyangan, rangkaian KA tersebut akan dijalankan ke Purwokerto dan selanjutnya akan diberangkatkan kembali seperti biasa pada pukul 16.30 WIB sebagai KA Serayu Malam jurusan Purwokerto-Kroya-Bandung-Jakarta," kata dia menjelaskan.

Ia mengharapkan perpanjangan rute KA Serayu Malam sampai Lempuyangan ini dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Cilacap bagian barat seperti Sidareja, Gandrungmangu, Kawunganten, dan Maos yang akan bepergian langsung ke Yogyakarta di pagi hari.

Dalam hal ini, kata dia, tarif yang diberlakukan sebesar Rp50.000 untuk jarak Kroya-Lempuyangan dan Lempuyangan-Purwokerto serta Rp15.000 untuk jarak Kroya-Gombong/Kebumen dan Kutoarjo-Lempuyangan atau sebaliknya.

Selain itu, lanjut dia, untuk rute Purwokerto-Kroya, Sidareja-Kroya, dan sebaliknya juga akan diberlakukan tarif khusus sebesar sebesar Rp15.000.

"Terkait perpanjangan rute KA Serayu Malam, kami akan memberikan tarif promo untuk rute Kroya-Lempuyang dan Lempuyangan-Purwokerto sebesar Rp15.000 selama satu minggu pertama operasi. Selanjutnya pada minggu kedua sampai ketiga bulan pertama pengoperasian, akan diberlakukan tarif promo sebesar Rp20.000," katanya.

Sementara untuk KA Kamandaka yang melayani rute Purwokerto-Tegal-Semarang pp, kata dia, mulai beroperasi pada pertengahan bulan Februari 2014 dengan rangkaian delapan gerbong kelas ekonomi AC dan tarif non-PSO.

Menurut dia, KA Kamandaka direncanakan akan berhenti di Stasiun Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan dengan waktu tempuh Purwokerto-Semarang sekitar 4,5 jam.

Ia mengatakan bahwa tarif yang diberlakukan untuk jarak Purwokerto-Pekalongan, Purwokerto-Semarang, dan sebaliknya sebesar Rp60 ribu, sedangkan tarif parsial diberlakukan untuk jarak Purwokerto-Bumiayu sebesar Rp20.000, Purwokerto-Slawi Rp30.000, serta Purwokerto-Tegal/Pemalang dan Tegal-Semarang sebesar Rp50.000.

"KA Ajisaka yang melayani rute Lempuyangan-Kutoarjo pp akan mulai beroperasi pada awal bulan Februari 2014 dengan membawa rangkaian delapan gerbong kelas ekonomi AC. Tarif yang dipatok sebesar Rp15.000 untuk jarak Lempuyangan-Kutoarjo dan sebaliknya," kata Surono.

Sementara untuk KA Kalijaga yang melayani rute Purwosari-Solo-Semarang pp, kata dia, direncanakan mulai beroperasi pada pertengahan bulan Februari dengan membawa rangkaian tujuh gerbong ekonomi AC dan tarif yang dipatok sebesar Rp15.000.

Ia mengatakan bahwa pengoperasian KA yang melayani empat rute baru di Jateng-DIY merupakan bagian dari 16 perjalanan KA baru di seluruh Jawa yang rencananya akan diluncurkan PT KAI dalam bulan Februari 2014.

"Rangkaian KA baru tersebut di antaranya KA Maharani yang melayani rute Surabaya-Cepu, KA Kiansantang rute Bandung-Cianjur, dan KA Sarangan rute Surabaya-Madiun," katanya. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014