Puluhan ribu jiwa yang mengungsi tersebut, berasal dari 118 desa yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Pati,"
Pati (ANTARA News) - Jumlah warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang mengungsi akibat banjir yang terjadi sejak sepekan lebih tercatat sebanyak 45.250 jiwa, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Sujono.

"Puluhan ribu jiwa yang mengungsi tersebut, berasal dari 118 desa yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Pati," ujarnya, di Pati, Selasa.

Ia mengatakan, tidak semua korban banjir mengungsi di tempat pengungsian yang disediakan oleh pemerintah, melainkan ada yang mengungsi di tempat keluarga atau tempat pengungsian yang dianggap warga aman dari bencana banjir.

Sementara jumlah warga yang terkena dampak banjir, kata dia, tercatat sebanyak 186.277 jiwa.

Dari puluhan desa tersebut, terdapat beberapa desa yang mengalami dampak banjir paling parah.

Di antaranya, Desa Mintobasuki Banjarsari, Kosean, Pantirejo (Kecamatan Gabus), Wotan, Poncomulyo (Sukolilo), Kasian, Baturejo (Gembong), dan beberapa desa di Kecamatan Juwana.

Selain menggenangi pemukiman warga, banjir di Kabupaten Pati juga menggenangi lahan pertanian yang luasnya diperkirakan mencapai 11.832 hektare.

Belasan ribu hektare lahan pertanian yang tergenang banjir tersebut tersebar di 10 kecamatan.

Kesepuluh kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Batangan, Sukolilo, Jakenan, Pati Kota, Tayu, Gabus, Kayen, Wedarijaksa, Juwana, dan Dukuhseti.

(KR-AN/H015)

Pewarta: Akhmad NL
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014