Tottenham banyak mengalami kemajuan. Saya menyaksikan dua laga yang mereka jalani, dan Spurs tampil baik. Saya pikir bahwa kami bakal mendapat perlawanan sengit dari mereka
Manchester (ANTARA News) - Terang benderang bahwa Tottenham Hotspur perlu menyerang dan menyerang pasukan Manchester City dari menit awal sampai akhir pertandingan untuk menjawab pertanyaan, bagaimana cara mengalahkan The Citizen.

Spurs punya modal awal. Spurs ditongkrongi oleh pelatih Tim Sherwood. Sejak ia menerima tongkat estafet dari pelatih sebelumnya Andre Villas-Boas, jelas-jelas Sherwood membawa perubahan pada gaya dan pola bermain kepada anak asuhannya menghadapi persaingan di kubah Premier League.

Ini saatnya Tottenham mendemonstrasikan sepak bola menyerang, apalagi lawannya kali ini skuad sekelas Manchester City. Kedua tim bersiap menyajikan jual beli serangan dalam ajang Premier League yang digelar di Stadion White Hart Lane pada Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB.

Baik Sherwood maupun pelatih City Manuel Pellegrini sama-sama punya jali beradu duel di lapangan hijau. Dan City sedikit di atas angin karena beroleh asupan gizi kepercayaan diri setelah melibas Tottenham dengan skor 6-0 di Etihad Stadium pada November 2013.

Pellegrini mengamini tesis bahwa mengobral omongan dalam rapat-rapat tanpa kerja konkret menggenapi pepatah "tong kosong berbunyi nyaring". Buktinya ketika meracik taktik, ia kerapkali mengandalkan dua pemain depan dalam setiap pertandingan, baik laga kandang maupun tandang.

Pellegrini bukan sosok pemimpin yang suka main intrik, karena ia lebih memilih bersiasat dengan taktik. Keampuhannya? City menyarangkan enam gol tanpa balas ke gawang Tottenham.

Di bawah asuhan Sherwood, perlahan namun pasti Spurs memainkan dua striker, dengan memasang duet Emmanuel Adebayor bersama Roberto Soldado.

Sherwood juga mendaulat Adebayor berperan sebagai "lone striker" ketika melawan Swansea. Corak seperti ini belum pernah dicoba ketika Spurs dipoles oleh Villas-Boas. Striker berpaspor Togo itu telah mencetak enam gol dalam delapan laga.

Spurs bermetamorfosis. Kini mereka kuat dalam penguasaan bola dan akurat dalam melepas operan. Semuanya ini ditopang oleh kekokohan dan kekuatan lini pertahanan.

Spurs kini menghuni posisi kelima dengan mengemas 43 poin, sementara City bertengger di posisi kekdua dengan memetik 50 poin dalam klasemen Premier League musim 2013/14.

Anatomi kedua tim:
* Andros Townsend dan Erik Lamela tidak memperkuat Tottenham, meski Sherwood menegaskan bahwa gelandang itu siap tanding. Ia juga menaruh harap kepada Townsend agar cepat pulih dari cedera hamstring. Sementara, Jan Vertonghen, Younes Kaboul dan Sandro masih diliputi tanda tanya apakah ketiganya siap bertanding melawan City.

* City tampak kian berotot. Striker Alvaro Negredo yang sebelumnya mengalami cedera bahu, kini ia siap merobek jalan gawang lawan. Sebagai playmaker, David Silva siap turun setelah ia menjalani masa istirahat beberapa pekan, setelah sebelumnya ia menjalani operasi hamstring.

Komentar dua pelatih:

Tim Sherwood (Tottenham Hotspur):
"Kami tidak gentar menghadapi mereka. Kami harus lebih berkonsentrasi dan bertahan dengan sekuat tenaga sepanjang pertandingan."

"Manchester City dikenal sebagai tim yang besar. Mereka sangat piawai dalam menyerang, dengan begitu kami berharap dapat menyusun pertahanan yang kokoh.

Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Tottenham banyak mengalami kemajuan. Saya menyaksikan dua laga yang mereka jalani, dan Spurs tampil baik. Saya pikir bahwa kami bakal mendapat perlawanan sengit dari mereka."

Head-to-head:

* City telah menyarangkan 17 gol dalam lima laga terakhir melawan Tottenham.
* Tottenham meraih tujuh kali menang dan sekali kalah dalam 10 laga melawan Mancehster City.
* Dalam laga November 2013, skuad Spurs melepas 13 kali melakukan shooting ke arah gawang City, sedangkan lawannya melepas 15 kali shooting, meski akhirnya Spurs menyerah dengan skor 6-0.         
* Tottenham hanya mengenyam sekali kalah dalam 10 pertandingan yang mereka jalani. Spurs kalah 0-5 ketika melawan Liverpool.  * Adebayor telah mencetak lima gol dalam tujuh laga musim ini.
* City tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan, mencetak 64 gol dalam periode itu.
* Edin Dzeko mencetak tiga gol dari empat pertandingan di ajang Premier League. Yaya Toure mengemas enam gol dalam delapan laga di ajang Premier League.   
* Sergio Aguero telah menjaringkan 13 gol dan melepas empat assist dalam 12 kali pertandingan yang ia jalani. Aguero telah mencetak 49 gol dari 80 pertandingan di ajang Premier League. Jika ia mampu mencetak gol ketika melawan Spurs, atau ketika melawan Chelsea pada Senin pekan depan, maka ia menyamai remor yang pernah diraih oleh Andy Cole, Alan Shearer, Ruud van Nistelrooy dan Fernando Torres.

Pemain andalan kedua tim:

Christian Eriksen (Tottenham):
* Penampilan gelandang serang asal Denmark ini makin moncer di bawah asuhan Tim Sherwood. Ia mencetak tiga gol dari lima laga di Premier League. Didukung oleh kekuatan fisik memadai, ia berperan sebagai gelandang yang sarat kreativitas.
* Kekokohan Eriksen terbukti ketika ia turun bertanding beberapa pekan lalu. Ia kerapkali diberi peran sebagai gelandang dengan berpatokan kepada pola 4-4-2. Ia juga tidak jarang berada di belakang Adebayor dengan formasi 4-2-3-1. Pola ini mujarab diterapkan Spurs ketika menang melawan Swansea.

Sergio Aguero (Manchester City):
* Pemain berkebangsaan Argentina siap tarung setelah pulih dari cedera. Ia telah mencetak enam gol dalam empat laga. Sepanjang enam belas kali pertandingan di Premier League di musim ini, ia mencetak 14 gol. Perannya begitu sentral sebagai mesin gol City, dengan berduet bersama Alvaro Negredo.
* Pertahanan Tottenham bakal diteror oleh Aguero dan Edin Dzeko.

Prakiraan susunan pemain:
Tottenham (4-4-2):
Lloris (penjaga gawang), Rose, Chriches, Dawson, Walker, Eriksen, Dembele, Bentaleb, Lennon, Soldado, Adebayor
Pemain cadangan:
Friedel, Naughton, Capou, Chadl, Sigurdson, Holtby, Defoe

Manchester City (4-4-2):
Hart (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Demichelis, Kolarov, Navas, Toure, Fernandinho, Silva, Aguero, Dzeko
Pemain cadangan:
Pantilimon, Nastasic, Clichy, Boyata, Lescott, Negredo, Jovetic

 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Tottenham 1-3 Manchester City FC (20,39 persen)
* Tottenham 2-1 Manchester City FC (16,37 persen)
* Tottenham 1-2 Manchester City FC ( 7,78 persen)

Head to Head
England Premier League (EPL)
24 Nov 2013     Manchester City FC 6 - Tottenham 0     
21 Apr 2013     Tottenham 3 - Manchester City FC 1     
11 Nov 2012     Manchester City FC 2 - Tottenham 1     
22 Jan 2012     Manchester City FC 3 - Tottenham 2     
28 Aug 2011     Tottenham 1 - Manchester City FC 5     

Lima laga terakhir:     

Tottenham
19 Jan 2014    Swansea 1 - Tottenham 3    EPL
11 Jan 2014    Tottenham 2 - Crystal Palace 0    EPL
4  Jan 2014    Arsenal 2 - Tottenham 0    FA
1  Jan 2014    Man Utd. 1 - Tottenham 2    EPL
29 Dec 2013    Tottenham 3 - Stoke 0    EPL

Manchester City  
25 Jan 2014    Manchester City FC 4 - Watford 2    FA
21 Jan 2014    West Ham 0 - Manchester City FC 3    CCUP
18 Jan 2014    Manchester City FC 4 - Cardiff City 2    EPL
15 Jan 2014    Manchester City FC 5 - Blackburn 0    FA
12 Jan 2014    Newcastle 0 - Manchester City FC 2    EPL

Narasi atas prediksi:
* Umumnya tim-tim yang bertanding di Premier League menurunkan enam pemain berkarakter bertahan, empat di lini belakang dan dua siap mendukung. Di bawah arahan Sherwood, Tottenham menggunakan lima pemain berkarakter menyerang. Ini yang patut diberi perhatian bagi kubu City.

* City sedang berada dalam situasi lapar gol. Bukan tidak mungkin, Spurs menjadi bulan-bulanan skuad asuhan Pellegrini. The Citizens telah melakoni 19 laga, dengan 17 kali menang dan mengemas 64 gol. Dan Spurs telah kebobolan enam gol tanpa balas pada November 2013.

* Kunci kekuatan dan ketajaman City bertumpu kepada Aguero, Dzeko dan Negredo. Dan kapten tim Vincent Kompany berujar lantang, "kekalahan adalah musuh utama kami".

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Tottenham: 0
Manchester City: 3
 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014