Ini dinamakan rute modifikasi, karena berangkatnya dari perumahan-perumahan untuk menggaet orang-orang yang bawa mobil, selama ini kan di perumahan belum ada bus.
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai besok Rabu (5/2) akan mengoperasikan BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) di rute Pantai Indah Kapuk--Monas dan Kalibata--Tanah Abang.

"Ini dinamakan rute modifikasi, karena berangkatnya dari perumahan-perumahan untuk menggaet orang-orang yang bawa mobil, selama ini kan di perumahan belum ada bus," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok, di Balaikota, Selasa.

BKTB merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan di Ibu Kota. BKTB akan mengantar-jemput warga langsung dari perumahan-perumahan menuju pusat kota.

"Kita ingin bus ada setiap 10 menit supaya orang meninggalkan mobil. Kalau saya lebih cepat naik bus maka saya akan tinggalkan mobil, sebaliknya juga demikian," tambah Ahok.

Mulai besok Rabu (5/2), ada dua rute yang akan dioperasikan yakni Pantai Indah Kapuk (PIK)--Monas dan Tanah Abang--Kalibata.


Berikut rute yang akan dilalui kedua trayek BKTB

1. PIK--Monas akan terintegerasi dengan busway koridor 1 dan 12. Selain itu, rute tersebut juga akan terkoneksi dengan dua stasiun kereta yakni Stasiun Kota dan Gambir.

Rute yang dilalui: Pasar Modern-Putaran Tzu Chi Center-RS PIK-Taman Suaka Margasatwa Angke-Jembatan M Angke-Green Bay Pluit-Pantai Mutiara-Waduk Pluit-Landmark-Pakin-Gedong Panjang-Museum Fatahilah-Kota-Harmoni-Monas-Balaikota-Gambir-Tugu Tani-Halte Telkom-Balikota-Monas-Harmoni-Kota-Jembatan Tiga-Bandengan Selatan-Penjaringan-Pantai Mutiara-Green Bay Pluit-Jembatan Angke-Taman Margasatwa Angke-RS PIK-Tzu Chi Center-Fresh Market.

2. Tanah Abang--Kalibata City akan terintegerasi dengan busway koridor 1 dan 9. Rute tersebut juga akan terkoneksi dengan tiga stasiun yakni Stasiun Tanah Abang, Dukuh Atas dan Kalibata.

Rute yang dilalui: Halte Tanah Abang-Jatibaru-Jatibaru (Abdul Muis)-Monas-BI-Sarinah-Bundaran HI-Tosari-Dukuh Atas-Setiabudi-Karet-Benhil-Semanggi-LIPI-Jamsostel-Kuningan Barat-Tegal Parang-Pancoran Barat-Pancoran-Perdatam-Masjid An Nur-Halte Pengadegan Barat-Halte STEKPI-Transmigrasi-Kalibata City-TMP Kalibata.

Total bus yang akan dioperasikan sebanyak 346 unit berkapasitas 35 penumpang, 18 unit dari PIK--Monas dan 12 unit Kalibata--Tanah Abang dengan jam pengoperasian mengikuti jam operasional Bus Transjakarta; jam 05.00-23.00 WIB.

Lebih lanjut Ahok optimis masyarakat akan antusias BKTB akan menciptakan trend baru di masyarakat sehingga mereka akan beralih ke kendaraan umum.

"Jelas ini akan lebih baik, kita harapkan adanya perpindahan moda dari
pengguna sepeda motor dari pengguna kendaraan pribadi bisa menaruh
kendaraannya di PIK atau Kalibata City untuk menggunakan BKTB," katanya.

BKTB diyakini Ahok tidak akan mengganggu trayek bus yang sudah ada karena target pasarnya berbeda.

"Memang pasarnya beda, mereka kan tarifnya Rp3.000 kalau kita tarifnya Rp6.000," kata Ahok.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014