Saya perintahkan untuk memikirkan kembali tentang izin pembukaan cafe pada pertandingan Piala Dunia. Hal itu akan dikonsultasikan dengan industri cafe, polisi dan pemerintah daerah setempat
London (ANTARA News) - Perdana Menteri Inggris David Cameron memerintahkan Departemen Dalam Negeri untuk memikirkan kembali dan memastikan cafe di Inggris dapat dibuka sampai lewat tengah malam selama perhelatan Piala Dunia 2014 di  Brasil, terutama pertandingan Inggris melawan Italia.

Perdana Menteri Inggris bertindak menyusul penolakan pemerintah setempat atas izin memperpanjang jam operasi cafe untuk pertandingan pembukaan Piala Dunia, Sabtu (14/6) pukul 23.00 waktu setempat.

"Kami sedang berkonsultasi dengan industri cafe, polisi dan pemerintah daerah perihal cara terbaik untuk memastikan cafe tetap buka pada laga Inggris melawan Italia pukul 11 malam," kata sumber Perdana Menteri Inggris sebagaimana dilansir dari laman Daily Mail (3/2).

Departemen Dalam Negeri Inggris menolak permohonan izin perpanjangan waktu operasi di seluruh negeri yang diajukan Asosiasi Bir dan Cafe Inggris (BBPA).

Satu posting di twitter Perdana Menteri Inggris menyatakan, "Saya perintahkan untuk memikirkan kembali tentang izin pembukaan cafe pada pertandingan Piala Dunia. Hal itu akan dikonsultasikan dengan industri cafe, polisi dan pemerintah daerah setempat."

Industri cafe meminta Departemen Dalam Negeri untuk menunda waktu penutupan dari pukul 23.00 menjadi pukul satu dini hari di seluruh negeri supaya para pendukung Inggris bisa menyaksikan laga Piala Dunia.

Menteri Dalam Negeri, Norman Baker, menolak usulan tersebut. Ia menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk memberikan izin namun dengan biaya sekitar 21 poundsterling.

BBPA yang mewakili sebanyak 49.400 cafe di Inggris percaya dengan diperpanjang waktu operasi bisa meningkatkan pendapatan sampai 20 juta poundsterling dari penjualan minuman dan makanan.

Kementerian dianggap memiliki kekuatan untuk membuat aturan berdasarkan sebuah kejadian internasional, nasional atau lokal seperti yang dilakukan saat perayaan Royal Wedding dan Diamond Jubilee di kerajaan Inggris.

Selain melawan Italia, Inggris akan melawan Uruguay pada 19 Juni pukul delapan malam dan lima hari setelahnya melawan Kosta Rika pukul lima sore.

Jika tim asuhan Roy Hodgson berhasil lolos dari fase grup maka pertandingan selanjutnya akan dimulai pukul 21.00 waktu Inggris.

"Ini akan menjadi berita yang luar biasa bagi jutaan penggemar sepakbola dan pemasukan dari cukai. Saya senang Perdana Menteri telah melakukan intervensi untuk mendukung cafe di Inggris dan menjadikan Piala Dunia sebagai perayaan rakyat Inggris," kata Brigid Simmonds, Ketua Asosiasi Bir dan Cafe Inggris.

"Keputusan menggunakan akal sehat ini akan menghapus batasan birokrasi antara cafe dan pemerintah daerah. Menjadi jelas bahwa tempat terbaik untuk menyaksikan tim sepakbola Inggris adalah di cafe lokal," katanya.

"Kami benar-benar senang usaha kami telah membuat perubahan yang nyata bagi penggemar sepakbola dan cafe," pungkas Brigid Simmonds.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014