Selain Garuda, Lion Air juga take off tadi pagi saat kabut asap
Pekanbaru (ANTARA News) - Aktivitas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, relatif normal meski diselimuti kabut asap.

"Semua jadwal penerbangan berjalan baik. Kalaupun ada penundaan, itu bukan karena kabut asap," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan, beberapa maskapai penerbangan melakukan aktivitas penerbangan maupun pendaratan di bandara tersebut. "Selain Garuda, Lion Air juga take off tadi pagi saat kabut asap," katanya lalu menambahkan bahwa Maskapai Mandala Air juga mendarat dengan baik pada pukul 06.00 WIB.

Ia menjelaskan, pada pagi saat Bandara SSK II baru saja dibuka jarak pandang hanya mencapai satu kilometer. Dibandingkan dengan sebelumnya, demikian Ibnu, kondisi ini lebih buruk, namun belum menganggu aktivitas di bandara.

Kabut asap dampak dari peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Riau telah mencemari udara di Kota Pekanbaru sejak satu pekan terakhir. Jarak pandang pada pagi hari menurun jadi sekitar satu hingga 1,5 kilometer.

Sejumlah warga mulai mengenakan masker untuk menghindari bahaya penyakit akibat tercemarnya udara tersebut.

Penjabat Gubernur Riau, Djohermansyah Djohan pada Jumat (7/2) mengatakan daerah tersebut kini telah siaga bencana kabut asap yang merupakan dampak dari peristiwa kebakaran lahan atau hutan.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014