Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengemukakan mereka adalah satu-satunya trader gas bumi yang membangun jaringan pipa gas ke wilayah Jakarta.

"Pengembangan infrastruktur yang dilakukan PGN ditujukan untuk melayani seluruh lapisan konsumen, baik itu untuk rumah tangga, industri, usaha kecil seperti warung bakso, restoran, maupun gas untuk transportasi,"  ujar Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hendi mengulas saat ini jumlah pelanggan PGN di DKI Jakarta sekitar 13.900 pelanggan dan 13.500 di antaranya adalah pelanggan kecil dan rumah tangga.

Menurut dia, setiap hari PGN mengalirkan gas ke wilayah DKI Jakarta sebanyak 95 juta kaki kubik atau setara 2,7 juta liter BBM/hari.

Penyaluran gas melalui pipa kata dia, turut membantu mengurangi kemacetan lalu lintas, karena tidak distribusikan dengan truk tanki.

Saat ini PGN memiliki pipa sekitar 6.000 kilometer yang terbentang di Pulau Sumatera dan Jawa, di mana PGN menyalurkan gas bumi untuk lebih dari 100.000 pelanggan.

"Dari jumlah itu lebih dari 98.000 pelanggan adalah rumah tangga dan komersial seperti warung bakso, pempek dan usaha kecil lainnya," katanya.

PGN juga menyatakan siap membangun 6 SPBG di wilayah DKI Jakarta serta menambah dua Mobile Refuelling Unit/MRU atau SPBG berjalan.

"Ini akan menjadikan Jakarta memiliki 3 MRU sekaligus menjadi bagian dari 16 SPBG yang akan dibangun PGN pada tahun ini di berbagai kota di Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014