Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Provinsi Riau khususnya Pekanbaru dan pesisir timur mulai turun hujan ringan meski masih bersifat lokal.

"Untuk Pekanbaru tadi malam (Kamis 20/2) sudah turun hujan ringan, kemudian hari ini diprakirakan juga akan terjadi hujan ringan-sedang di beberapa wilayah di Riau," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Ibnu Amiruddin kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, hujan terjadi bukan karena adanya fenomena khusus, namun adanya pertumbuhan awan yang memang mendukung. "Hasil pengamatan kami seperti itu, ada pertumbuhan awan yang bagus di atas sebagian wilayah Riau," katanya.

Namun kemungkinan terjadinya hujan, menurut dia, hanya pada Kamis dan Jumat saja, sementara mulai Sabtu (22/2), Riau kembali dalam kondisi cerah hingga berawan.

Provinsi Riau sejak tiga pekan terakhir dilanda kemarau, menyebabkan lahan semak, perkebunan dan hutan menjadi terbakar.

Kondisi itu kemudian menyebabkan sebagian besar wilayah kabupaten/kota menjadi tercemar kabut asap pekat, mengganggu aktivitas masyarakat di segala sektor.

Aktivitas di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II juga beberapa kali terhambat setelah kabut asap pada pagi hari membuat jarak pandang maksimal 500 meter.

Pemerintah Provinsi Riau menetapkan kondisi siaga bencana kabut asap.


Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014