Manchester (ANTARA News) - Manchester City mencari penghiburan setelah menerima penistaan dengan mengenyam kekalahan dari Barcelona di ajang Liga Champions. Akankah Stoke City manjadi bulan-bulanan dari asa membuncah skuad The Citizens dalam laga  Liga Inggris (Premier League) ini?

Manchester City bakal menjamu Stoke City di Ethad Stadium pada Sabtu waktu setempat, Sabtu malam, pukul 22.00 WIB, Pertandingan itu akan disiarkan oleh stasiun televisi Indosiar.

Skuad asuhan pelatih Manuel Pellegrini sedang dilanda mendung kelabu. Mereka gagal menjaringkan gol di tiga dari empat laga terakhir serta dua kekalahan kandang dalam selisih waktu yang relatif berdekatan, baik dari Chelsea di ajang Liga Inggris maupun kalah dari Barcelona di ajang Liga Champions.

City sedang berusaha keras menyodok posisi dua teratas klasemen Liga Inggris yang kini dihuni oleh Chelsea dan Arsenal. Sementara The Potter, julukan bagi Stoke City baru mengemas enam poin dari 13 laga tandang terakhir mereka.

Pasukan asuhan pelatih Mark Hughes itu tak pernah mendulang menang dalam 11 laga tandang krusial. Ini jelas-jelas merupakan pekerja rumah tidak ringan bagi sang pelatih. Stoke City juga belum pernah membawa kemenangan ketika bertanding di Etihad Stadium.

Melawan Stoke, diperkirakan bahwa Manchester City tidak menurunkan striker andalan mereka Sergio Aguero. Posisi yang ditinggalkannya itu akan diisi oleh Stevan Jovetic dan Edin Dzeko, dengan juga mamasang Alvaro Negredo di lini depan.

Selain itu, Samir Nasir memiliki kans besar masuk ke barisan "starting line-up", setelah sebelumnya tidak turun dalam dua laga sebelumnya melawan Chelsea dan Barcelona.

Martin Demichelis mengisi posisi bek tengah mendampingi Vincent Kompany karena Matija Nastasic sedang mengalami cedera lutut.

Di kubu Stoke, mereka tidak diperkuat pemain sayap handal winger Oussama Assaidi dalam lawatan ke Etihad Stadium. Ia absen selama enam pekan karena mengalami cedera otot.

Bek Tengah Robert Huth disebut-sebut bakal turun bertanding setelah pulih dari operasi lutut, sementara Andy Wilkinson dan Matthew Etherington siap meladeni Manchester City.

Data dan fakta kedua tim:

Manchester City:
* Manchester City menemui kegagalan mencetak gol dalam pertandingan yang krusial. Ini kali pertama mereka mengalami hal yang serius selama menjalani musim kompetisi tahun ini. Mereka tidak mampu mencetak gol dalam tiga laga di ajang Liga Inggris. Siuasi serupa pernah mereka alami pada Februari-Maret 2008.
* Inilah tahun manakala City tidak memperoleh kemenangan dalam tiga pertandingan yang mereka lakoni.
* Kekalahan mereka dari Chelsea di Etihad Stadium mengakhiri rekor 11 kali kemenangan di kandang.
* Pasukan asuhan Pellegrini mencetak 10 golnya di laga Liga Inggris dalam rentang awal pertandingan, 15 menit awal pertandingan.
* Yaya Toure telah mengemas 12 gol di ajang liga dari 16 tembakan tepat sasaran ke gawang lawan. Ini mencakup tujuh dari delapan percobaan bola-mati.

Stoke City:
* The Potters sedang mengalami musim yang kurang menggembirakan, karena mereka hanya memperoleh enam poin dalam 13 pertandingan. Mereka menjalani 11 pertandingan tandang tanpa mampu memetik kemenangan, terhitung sejaka mereka mengalahkan West Ham pada Agustus tahun lalu. (tiga kali imbang, delapan kali kalah).
* Stoke kehilangan 14 poin sealam musim ini. Mereka menjalani 10 laga di ajang laga tanpa memperoleh "Clean sheet", kebobolan 21 gol dalam periode itu.
* Mark Hughes pernah menukangi Manchester City dalam 55 pertandingan Liga Inggris antara tahun 2008 dan 2009, dengan menorehkan 22 kemenangan.

Prakiraan susunan pemain:
 
Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang); Zabaleta, Kompany, Lescott, Kolarov; Fernandinho, Touré; Nasri, Jovetic, Silva; Negredo.
Absen: Nastasic (cedera lutut), Agüero (cedera hamstring).

Stoke City (4-2-3-1):
Begovic (penjaga gawang); Cameron, Shawcross, Muniesa, Pieters; Adam, Whelan; Odemwingie, N'Zonzi, Walters; Crouch.
Absen: Assaidi (cedera lutut), Guidetti, Huth (cedera lutut).

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City FC 4-0 Stoke (25,97 persen)
* Manchester City FC 3-0 Stoke (13,41 persen)
* Manchester City FC 3-1 Stoke (10,27 persen)

Head to Head:
England Premier League ?(EPL)
14 Sep 2013     Stoke 0 - Manchester City FC 0     
 1 Jan 2013     Manchester City FC 3 - Stoke 0     

England - FA Cup (FA)
26 Jan 2013     Stoke 0 - Manchester City FC 1     
15 Sep 2012     Stoke 1 - Manchester City FC 1     
24 Mar 2012     Stoke 1 - Manchester City FC 1     

Lima laga terakhir:    

Manchester City FC
18 Feb 2014    Manchester City FC 0 - FC Barcelona 2    UCL
15 Feb 2014    Manchester City FC 2 - Chelsea FC 0    FA
 8 Feb 2014    Norwich City 0 - Manchester City FC 0    EPL
 3 Feb 2014    Manchester City FC 0 - Chelsea FC 1    EPL
29 Jan 2014    Tottenham 1 - Manchester City FC 5    EPL

Stoke
12 Feb 2014    Stoke 1 - Swansea 1    EPL
 8 Feb 2014    Southampton 2 - Stoke 2    EPL
 1 Feb 2014    Stoke 2 - Man Utd. 1    EPL
29 Jan 2014    Sunderland 1 - Stoke 0    EPL
26 Jan 2014    Chelsea FC 1 - Stoke 0    FA

Narasi atas prediksi:
* Yaya Toure di kubu Manchester City mencetak gol dengan memanfaatkan tujuh dari delapan situasi bola mati yang diambilnya selama musim ini.
* Stoke City melepaskan rata-rata 385 operan dalam setiap pertandingan yang mereka jalani di Liga Inggris musim ini. Mereka terlihat banyak mengandalkan ketepatan dalam melepaskan dan mengoper bola, rata-rata 76,3 persen dalam setiap laga.
* Manchester City jelas-jelas memerlukan kemenangan dari pertandingan melawan Stoke City, meskipun tidak dapat diprediksi bahwa tidak serta bakal terjadi hujan gol.
* Kekalahan atas Barcelona justru memotivasi pasukan Manchester City untuk mengalahkan Stoke. Kalau pun The Citizens mengalahkan Stoke, maka pertandingan ini bakal berjalan seru dengan menunjukkan aksi jual beli serangan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Manchester City: 3
Stoke City: 0

 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014