Kiev (ANTARA News) - Presiden Ukraina terguling Viktor Yanukovich masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atas tuduhan pembunuhan massal, kata seorang anggota kabinet.

"Pengejaran resmi untuk kasus pembunuhan massal terhadap warga sipil telah dibuka," kata Menteri Dalam Negeri dalam akun Facebook-nya, Arsen Avakov, Senin. "Yanukovich dan orang-orang lain yang bertanggung jawab atas kasus tersebut dinyatakan sebagai DPO."

Yanukovich (63) melarikan diri dari Kiev, ibu kota Ukraina, dengan helikopter pada Jumat di tengah aksi revolusi menentang pemerintahannya setelah konflik selama tiga hari yang menewaskan lebih dari 80 orang. Ia berada di kawasan Crimea yang pro-Rusia pada Minggu malam, kata Avakov.

Sejak Jumat malam Yanukovich bersama kepala administrasinya mondar-mandir dari Kiev ke Kharkiv di bagian timur Ukraina, kemudian menuju markas di Donetsk tempat penjaga perbatasan menghentikan upayanya untuk terbang keluar. Kemudian ia kabur ke semenanjung Crimea.

Menurut Avakov dalam akunnya, Yanukovich, setelah mendengar ia digantikan secara resmi dari tugas-tugas kepresidenan, menuju bandara militer Belbek di Crimea.

Ia kemudian pergi ke arah lain setelah mengetahui bahwa para pemimpin baru kementerian dalam negeri menunggunya di sana.

Di rumah pribadinya di Balaclava, ia mengumpulkan penjaga keamanannya serta memberi pilihan apakah akan tetap bersamanya atau pergi, dan melepaskan pengawal pribadi yang dipilih negara, kata Avakov.

Beberapa memilih meninggalkannya, dengan membawa senjata yang terdaftar milik negara untuk diserahkan kepada pihak berwenang di Crimea.

"Bersama pengawal yang tersisa dan ditemani Klyuev, Yanukovich dengan menggunakan tiga mobil pergi ke tujuan yang tak diketahui dan mematikan semua sistem komunikasi," kata Avakov.

(S022)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014