Pekanbaru (ANTARA News) - Empat daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau yakni Siak, Bengkalis dan Rokan Hulu serta Dumai, Senin (3/3) malam dilanda hujan hingga memadamkan sejumlah titik kebakaran lahan.

"Hujan tadi malam juga telah mengurangi ketebalan kabut asap di empat daerah ini," kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo di pekanbaru, Selasa.

Hasil Rapar Koordinasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau tadi pagi di Lapangan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru kata Agus, menyatakan operasi hari ini akan berjalan sesuai rencana.

"Cuaca pagi ini cerah, tadi malam terjadi hujan di rohul, siak, bengkalis dan dumai. Bahkan jarak pandang sudah mulai meningkat. Kota Dumai yang sebelumnya jarak pandangnya sempat di bawah 50 meter, sekarang sudah di atas 200 meter," katanya.

Di Kabupaten Rokan Hulu saat ini visibilitas sudah berada di atas dua kilometer, dan di Rengat mencapai tiga kilometer.

Agus mengatakan, hari ini upaya pemadaman masih dilakukan melalui udara dan darat dengan tim yang lebih banyak.

"Kami mengharapkan semuanya berjalan lancar dan nanti malam sudah ada kabar yang lebih baik dari saat ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin mengatakan, cuaca hari ini masih dalam kondisi cerah hingga berawan.

"Peluang hujan masih ada namun sifatnya masih ringan dan lokal. Kalau untuk operasi, hari ini cuacanya mendukung," katanya.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014